Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan perubahan sosial berikut! (1) Pergeseran peran kaum ibu dari sektor domestik ke sektor publik (2) Status pelajar SMA berubah naik menjadi mahasiswa ketika kuliah (3) Kebebasan berpendapat kini bisa diwujudkan melalui debat publik (4) Seorang petani menjadi buruh pabrik sambil menunggu musim panen (5) Ritual perkawinan melalui berbagai acara adat, kini semakin sederhana Yang termasuk lingkup perubahan nilai dan norma adalah ....

Perhatikan perubahan sosial berikut!

(1) Pergeseran peran kaum ibu dari sektor domestik ke sektor publik

(2) Status pelajar SMA berubah naik menjadi mahasiswa ketika kuliah

(3) Kebebasan berpendapat kini bisa diwujudkan melalui debat publik

(4) Seorang petani menjadi buruh pabrik sambil menunggu musim panen

(5) Ritual perkawinan melalui berbagai acara adat, kini semakin sederhana

Yang termasuk lingkup perubahan nilai dan norma adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

F. Dwi

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Nilai adalah sesuatu yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Sedangkan normal berarti seluruh kaidah dan peraturan yang diterapkan melalui lingkungan sosialnya. Dengan penjelasan seperti ini maka yang termasuk lingkup perubahan nilai dan norma adalah opsi C. 1, 3, dan 5. Pergeseran peran kaum ibu dari sektor domestik ke sektor publik menunjukkan adanya perubahan nilai dan norma yang selama ini dianut masyarakat. Jika mengacu pada nilai dan norma tradisional tugas seorang ibu adalah berperan dalam sektor domestik seperti mengurus suami, anak, dan urusan rumah tangganya namun kini mulai ada pergeseran peran kaum ibu ke sektor public. Kebebasan berpendapat kini bisa diwujudkan melalui debat publik juga merupakan perubahan nilai dan norma. Sebab pada masa pemerintahan orde baru yang otoriter, kebebasan berpendapat adalah sesuatu yang sukar untuk didapatkan. Ritual perkawinan melalui acara adat yang semakin sederhana juga merupakan perubahan nilai dan norma mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk menyelanggarakan kegiatan tersebut tidaklah murah.

Nilai adalah sesuatu yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Sedangkan normal berarti seluruh kaidah dan peraturan yang diterapkan melalui lingkungan sosialnya. Dengan penjelasan seperti ini maka yang termasuk lingkup perubahan nilai dan norma adalah opsi C. 1, 3, dan 5.

Pergeseran peran kaum ibu dari sektor domestik ke sektor publik menunjukkan adanya perubahan nilai dan norma yang selama ini dianut masyarakat. Jika mengacu pada nilai dan norma tradisional tugas seorang ibu adalah berperan dalam sektor domestik seperti mengurus suami, anak, dan urusan rumah tangganya namun kini mulai ada pergeseran peran kaum ibu ke sektor public.

Kebebasan berpendapat kini bisa diwujudkan melalui debat publik juga merupakan perubahan nilai dan norma. Sebab pada masa pemerintahan orde baru yang otoriter, kebebasan berpendapat adalah sesuatu yang sukar untuk didapatkan.

Ritual perkawinan melalui acara adat yang semakin sederhana juga merupakan perubahan nilai dan norma mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk menyelanggarakan kegiatan tersebut tidaklah murah.

Latihan Bab

Dampak Positif Perubahan Sosial

Dampak Negatif Perubahan Sosial

Konsep Kilat

405

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Keragaman profesi membuat masyarakat dapat dengan mudah melakukan segala hal yang dapat memenuhi kebutuhannya. Adanya pasar atau minimarket ketika ingin membeli bahan makanan hingga adanya bengkel ket...

284

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia