Roboguru

Gambar tersebut menunjukkan adanya ... perubahan sosial.

Pertanyaan

Gambar tersebut menunjukkan adanya ... perubahan sosial.undefined

  1. faktor pendorong perubahan sosial

  2. faktor penghambat perubahan sosial

  3. dampak negatif perubahan sosial

  4. dampak positif perubahan sosial

  5. dampak perubahan sosial

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Dampak positif perubahan sosial bisa terlihat dari berbagai penemuan baru yang memudahkan masyarakat. Dalam gambar terlihat seorang pemuda yang sedang menggunakan leptop, di samping aktivitasnya. Adanya leptop memudahkan pemuda tersebut untuk belajar atau mencari informasi yang ia butuhkan, dimanapun, dan kapanpun.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.dampak positif perubahan sosialundefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut yang termasuk dampak positif dari perubahan sosial, adalah ....

Pembahasan Soal:

Dampak perubahan positif adalah dampak yang membawa kemajuan atau arah perbaikan ke dalam masyarakat. Dalam soal, dampak positif dari perubahan sosial adalah efektivitas dan efisiensi kerja meningkat. Karena hal tersebut membawa dampak kemajuan bagi masyarakat.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. efektivitas dan efisiensi kerja meningkatundefined 

0

Roboguru

Perhatikan perubahan sosial berikut! (1) Pergeseran peran kaum ibu dari sektor domestik ke sektor publik (2) Status pelajar SMA berubah naik menjadi mahasiswa ketika kuliah (3) Kebebasan berpendapa...

Pembahasan Soal:

Nilai adalah sesuatu yang dianut oleh suatu masyarakat, mengenai apa yang dianggap baik dan apa yang dianggap buruk oleh masyarakat. Sedangkan normal berarti seluruh kaidah dan peraturan yang diterapkan melalui lingkungan sosialnya. Dengan penjelasan seperti ini maka yang termasuk lingkup perubahan nilai dan norma adalah opsi C. 1, 3, dan 5.

Pergeseran peran kaum ibu dari sektor domestik ke sektor publik menunjukkan adanya perubahan nilai dan norma yang selama ini dianut masyarakat. Jika mengacu pada nilai dan norma tradisional tugas seorang ibu adalah berperan dalam sektor domestik seperti mengurus suami, anak, dan urusan rumah tangganya namun kini mulai ada pergeseran peran kaum ibu ke sektor public.

Kebebasan berpendapat kini bisa diwujudkan melalui debat publik juga merupakan perubahan nilai dan norma. Sebab pada masa pemerintahan orde baru yang otoriter, kebebasan berpendapat adalah sesuatu yang sukar untuk didapatkan.

Ritual perkawinan melalui acara adat yang semakin sederhana juga merupakan perubahan nilai dan norma mengingat biaya yang harus dikeluarkan untuk menyelanggarakan kegiatan tersebut tidaklah murah.

0

Roboguru

Penggunaan kendaraan umum belum membudaya di Indonesia. Selain lebih murah, penggunaan kendaraan umum dapat mengurangi tingkat kemacetan dan pencemaran udara. Untuk itu, pemerintah memperbaiki infrast...

Pembahasan Soal:

Upaya pemerintah menyosialisasikan penggunaan kendaraan umum memiliki tujuan positif. Adapun di antaranya yaitu dapat menurunkan tingkat kemacetan, mengurangi jumlah kendaraan bermotor di jalan, dan mengurangi tingkat pencemaran sebagai bagian gaya hidup ramah lingkungan. Dengan mengubah pola pikir masyarakat untuk menggunakan kendaraan umum, diharapkan dapat memberikan perubahan yang baik bagi kelancaran berlalu lintas dan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan.
Dengan demikian, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh pilihan B.space space

0

Roboguru

Keragaman profesi membuat masyarakat dapat dengan mudah melakukan segala hal yang dapat memenuhi kebutuhannya. Adanya pasar atau minimarket ketika ingin membeli bahan makanan hingga adanya bengkel ket...

Pembahasan Soal:

Berkembangnya industrialisasi merupakan dampak positif dari perubahan sosial yang ditandai dengan berkembangnya pula jenis-jenis pekerjaan dan usaha baru di masyarakat. Jenis pekerjaan dalam masyarakat sangat bermacam-macam sehingga kebutuhan masyarakat dapat tercukupi. Masyarakat yang bekerja sebagai pedagang membuat masyarakat lain menjadi mudah untuk membeli berbagai kebutuhan hidup yang diinginkan seperti adanya pasar atau minimarket. Selain pedagang, terdapat juga masyarakat yang berprofesi menyediakan berbagai jasa untuk membantu masyarakat lain memenuhi kebutuhannya seperti bengkel untuk memperbaiki kendaraan yang rusak, dan masih banyak lagi. Dengan adanya perkembangan ini, maka pengembangan industri kecil serta perusahaan baru berpotensi dalam membuka banyaknya lapangan pekerjaan baru yang akan menyerap tenaga kerja dengan optimal. Oleh karena itu, kondisi ini menggambarkan dampak positif perubahan sosial yang berkaitan dengan berkembangnya industrialisasi. Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Jika suatu perubahan sosial menimbulkan konflik maka yang diperlukan adalah proses ….

Pembahasan Soal:

Dalam perubahan sosial akan selalu diiringi dengan perbahan-perubahan yang mendasar dalam kehidupan sosial, karena perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya,termasuk nilai,sikap-sikap sosial,dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Dalam perubahan sosial tentu akan ada banyak sekali pertentangan atau konflik karena keadaan sosial yang cukup berbeda. terkadang membuat masyarakat sulit untuk menyesuaikan perubahan tersebut, biasanya pada pola interaksi, sistem sosial dan juga pola kehidupan. Dengan begitu untuk upaya penyelesaian konflik masyarakat karena adanya perubahan sosial yang kita butuhkan adalah akomodasi.

Akomodasi dapat dipahami dalam dua perpektif. Pertama sebagai suatu kondisi, kedua sebagai suatu proses. Sebagai kondisi artinya ada keseimbangan interaksi sosial dengan nilai dan norma sosial. Sebagai proses artinya upaya individu atau kelompok mengurangi atau menyelesaikan ketegangan, konflik atau pertentangan. Dalam penyelesaian konflik dalam akomodasi disesuaikan dengan konflik yang terjadi berdasarkan bentuknya yaitu Kompromi,Abitrasi, Mediasi, Konsiliasi, Toleransi, Ajudikasi, Konversi Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved