Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan persamaan reaksi berikut! C 4 ​ H 10 ​ ( g ) + O 2 ​ ( g ) → CO 2 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( l ) Persamaan reaksi yang sudah setara dari reaksi di atas adalah ....

Perhatikan persamaan reaksi berikut!
 


 

Persamaan reaksi yang sudah setara dari reaksi di atas adalah ....

Iklan

T. Teaching.Assistant.Shobbu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.

Iklan

Pembahasan

Persamaan reaksi yang sudah setara mempunyai jumlah unsur di ruas kiri (reaktan) sama dengan jumlah unsur di ruas kanan (produk). Untuk menyetarakan persamaan reaksi, pertama, persamaan reaksi awal di soal perlu diperhatikan kembali. C 4 ​ H 10 ​ ( g ) + O 2 ​ ( g ) → CO 2 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( l ) Berdasarkan persamaan di atas, jumlah unsur C di ruas kiri dan kanan tidak sama. Di ruas kiri, unsur C berjumlah 4, sedangkan di ruas kanan, unsur C berjumlah 1. Oleh karena itu, koefisien CO 2 ​ di ruas kanan harus dikalikan 4 sehingga persamaan reaksi di atas menjadi seperti berikut. C 4 ​ H 10 ​ ( g ) + O 2 ​ ( g ) → 4 CO 2 ​ ( g ) + H 2 ​ O ( l ) Setelah koefisien CO 2 ​ dikalikan 4, koefisiennya berubah menjadi 4 sehingga jumlah unsur C di ruas kiri dan kanan sudah sama, yaitu berjumlah 4. Lalu, jumlah unsur H di ruas kiri dan kanan tidak sama. Di ruas kiri, unsur H berjumlah 10, sedangkan di ruas kanan, unsur H berjumlah 2. Oleh karena itu, H 2 ​ O di ruas kanan harus dikalikan 5sehingga persamaan reaksi di atas menjadi seperti berikut. C 4 ​ H 10 ​ ( g ) + O 2 ​ ( g ) → 4 CO 2 ​ ( g ) + 5 H 2 ​ O ( l ) Setelah koefisien H 2 ​ O dikalikan 5, koefisiennya berubah menjadi 5 sehingga jumlah unsur H di ruas kiri dan kanan sudah sama, yaitu berjumlah 10. Lalu, jumlah unsur O di ruas kiri dan kanan tidak sama. Di ruas kiri, unsur O berjumlah 2, sedangkan di ruas kanan unsur O berjumlah 13. Oleh karena itu, O 2 ​ di ruas kiri harus dikalikan 2 13 ​ sehingga persamaan reaksi di atas menjadi seperti berikut. C 4 ​ H 10 ​ ( g ) + 2 13 ​ O 2 ​ ( g ) → 4 CO 2 ​ ( g ) + 5 H 2 ​ O ( l ) Persamaan reaksi di atas memiliki jumlah unsur yang sama di ruas kiri dan ruas kanannya sehingga persamaan tersebut sudah setara. Persamaan reaksi yang sudah setara tersebut memiliki koefisien dalam bentuk bilangan pecahan. Agar persamaan reaksi tersebut tidak memiliki koefisien dalam bentuk bilangan pecahan, semua koefisien pada persamaan reaksi dapat dikalikan 2 sehingga persamaannya menjadi seperti berikut. 2 C 4 ​ H 10 ​ ( g ) + 13 O 2 ​ ( g ) → 8 CO 2 ​ ( g ) + 10 H 2 ​ O ( l ) (setara) Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Persamaan reaksi yang sudah setara mempunyai jumlah unsur di ruas kiri (reaktan) sama dengan jumlah unsur di ruas kanan (produk). 

Untuk menyetarakan persamaan reaksi, pertama, persamaan reaksi awal di soal perlu diperhatikan kembali.
 


 

Berdasarkan persamaan di atas, jumlah unsur C di ruas kiri dan kanan tidak sama. Di ruas kiri, unsur C berjumlah 4, sedangkan di ruas kanan, unsur C berjumlah 1. Oleh karena itu, koefisien  di ruas kanan harus dikalikan 4 sehingga persamaan reaksi di atas menjadi seperti berikut.
 


 

Setelah koefisien  dikalikan 4, koefisiennya berubah menjadi 4 sehingga jumlah unsur C di ruas kiri dan kanan sudah sama, yaitu berjumlah 4. Lalu, jumlah unsur H di ruas kiri dan kanan tidak sama. Di ruas kiri, unsur H berjumlah 10, sedangkan di ruas kanan, unsur H berjumlah 2. Oleh karena itu,  di ruas kanan harus dikalikan 5 sehingga persamaan reaksi di atas menjadi seperti berikut.
 


 

Setelah koefisien  dikalikan 5, koefisiennya berubah menjadi 5 sehingga jumlah unsur H di ruas kiri dan kanan sudah sama, yaitu berjumlah 10. Lalu, jumlah unsur O di ruas kiri dan kanan tidak sama. Di ruas kiri, unsur O berjumlah 2, sedangkan di ruas kanan unsur O berjumlah 13. Oleh karena itu,  di ruas kiri harus dikalikan  sehingga persamaan reaksi di atas menjadi seperti berikut. 
 


 

Persamaan reaksi di atas memiliki jumlah unsur yang sama di ruas kiri dan ruas kanannya sehingga persamaan tersebut sudah setara. Persamaan reaksi yang sudah setara tersebut memiliki koefisien dalam bentuk bilangan pecahan. Agar persamaan reaksi tersebut tidak memiliki koefisien dalam bentuk bilangan pecahan, semua koefisien pada persamaan reaksi dapat dikalikan 2 sehingga persamaannya menjadi seperti berikut.
 

 (setara)
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Latihan Bab

Hukum Kekekalan Massa

Hukum Perbandingan Massa

Hukum Perbandingan Volume

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

504

Aprilia Prisca

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan hukum-hukum di bawah ini! Hukum Lavoisier Hukum Proust Hukum Dalton Hukum Newton Dari beberapa hukum di atas, yang merupakan hukum-hukum dasar kimia terdapat pada nomor ...

192

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia