Roboguru

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut! Meliputi perubahan peralatan pertanian, rotasi tanaman, dan sistem pengairan. Mengubah sistem pertanian tradisional menjadi sistem pertanian modern. Menimbulkan lebih banyak dampak negatif. Merupakan bagian dari perubahan dalam sistem pertanian. Berkaitan dengan perubahan teknologi dibidang industri. Pernyataan yang sesuai Revolusi Hijau ditunjukkan oleh angka . . . .

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

  1. Meliputi perubahan peralatan pertanian, rotasi tanaman, dan sistem pengairan.
  2. Mengubah sistem pertanian tradisional menjadi sistem pertanian modern.
  3. Menimbulkan lebih banyak dampak negatif.
  4. Merupakan bagian dari perubahan dalam sistem pertanian.
  5. Berkaitan dengan perubahan teknologi dibidang industri.

Pernyataan yang sesuai Revolusi Hijau ditunjukkan oleh angka . . . .space space 

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1), 2), dan 4)

  3. 1), 4), dan 5)

  4. 2), 3), dan 5)

  5. 3), 4), dan 5)

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan hasil pertanian melalui kebijakan modernisasi pertanian. ide modernisasi pertanian pertama kali dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Indonesia pada 1960 dalam kegiatan Demonstrasi Masal (DEMAS). Demas merupakan suatu upaya untuk memaksimalkan hasil pertanian untuk memperoleh keuntungan yang tinggi dengan menerapkan prinsip-prinsip bertani modern pada sekelompok petani tradisional.

Dalam pelaksanaan modernisasi pertanian ini, program Demas ini menerapkan penggunaan varietas unggul, pupuk kimia, pestisida, perbaikan tata cara bertanam dan penyediaan sarana irigasi yang baik. Pemerintah pada tahun 1964 kemudian memformulasikan program tersebut menjadi program pembangunan pertanian dengan nama Bimbingan Massal (Bimas). Gerakan Bimas berintikan tiga komponen pokok, yaitu penggunaan teknologi yang sering disebut Panca Usaha Tani, penerapan kebijakan harga sarana dan hasil reproduksi serta adanya dukungan kredit dan infrastruktur. Gerakan ini berhasil menghantarkan Indonesia pada swasembada beras.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan perkembangan revolusi hijau menurut Tivy!

Pembahasan Soal:

Perkembangan Revolusi Hijau menurut Tivy adalah sebagai berikut. 

  • Peningkatan mekanisasi pertanian dan selanjutnya proses penggantian energi yang mulanya disuplai dengan tenaga ternak dan tenga manusia dengan energi traktor, bersama-sama dengan pengembangan tingkat yang bervariasi, pemakaian yang lebih maju yang didesain untuk mengatasi setiap tahap dalam proses bercocok tanam, kultivasi tanaman, dan produksi peternakan.
  • Perkembangan yang cepat dalam program-program pemulihan hewan dan tanaman. Program-program ini menghasilkan varietas tanaman yang berproduksi tinggi, melalui pemakaian input hara yang tinggi dan dengan suatu bentuk dan gaya pertumbuhan yang cocok dengan pertanian yang bermekanisasi dan peternakan mencapai produktivitas yang tinggi.

Jadi, perkembangan Revolusi Hijau menurut Tivy adalah peningkatan mekanisasi pertanian dan perkembangan yang cepat dalam pemulihan hewan serta tanaman.

Roboguru

Revolusi hijau lahir dari gagasan hasil penelitian dan tulisan...

Pembahasan Soal:

Latar Belakang lahirnya Revolusi Hijau adalah :

  1. Adanya lahan kosong yang tidak digunakan secara baik.
  2. Upaya pemerintahan untuk meningkatkan produksi pertanian agar semakin maju.
  3. Hancurnya lahan pertanian akibat perang Dunia ke I dan perang Duani ke II.
  4. Pertambahan penduduk yang semakin meningkat dan kebutuhan pangan penduduk semakin meningkat juga.

Revolusi hijau lahir dari gagasan hasil penelitian Thomas Robert Malthus pada tahun 1766 - 1834. yang mengemukakan bahwa masalah kemiskinan adalah masalah yang tidak dapat dihindari oleh manusia. Thomas Robert Malthus adalah seorang ekonom dan pencetus teori kependudukan dari Inggris. Dalam bukunya yang berjudul "Essay on the Principles of Population", Malthus meyakini bahwa kemiskinan umat manusia merupakan keadaan yang tidak mungkin dihindari.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C. 

Roboguru

Pada masa Orde Baru, modernisasi pertanian dikenal dengan istilah ...

Pembahasan Soal:

Masa pemerintahan Orde Baru memiliki suatu program yang ditujukan untuk meningkatkan produksi pertanian dengan modernisasi pertanian. Banyak alat-alat pertanian tradisional diubah menjadi alat-alat pertanian modern yang akan mendukung peningkatan hasil pertanian, terutama beras. Program ini disebut sebagai Revolusi Hijau.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Tuliskan pengertian Revolusi Hijau!

Pembahasan Soal:

Revolusi hijau merupakan sebuah upaya perubahan sistem dan budaya pertanian dengan menggunakan teknologi-teknologi modern dengan tujuan meningkatkan hasil panen. Munculnya revolusi hijau didasari oleh berbagai masalah yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat. Salah satu masalah tersebut adalah jumlah penduduk yang pesat, tetapi tidak diimbangi oleh peningkatan produksi pertanian. Dalam perkembangannya, revolusi hijau mampu membawa sejumlah dampak postif dan negatif di berbagai negara berkembang, tak terkecuali Indonesia. 

Dengan demikian, revolusi hijau merupakan sebuah upaya perubahan sistem dan budaya pertanian dengan menggunakan teknologi-teknologi modern dengan tujuan meningkatkan hasil panen.

Roboguru

Yang dimaksud dengan “Revolusi Hijau” adalah pengembangan teknologi pertanian untuk ...

Pembahasan Soal:

Revolusi Hijau adalah salah satu kebijakan yang diberlakukan pada masa Orde Baru, tepatnya sejak Pembangunan Lima Tahun (Pelita) I 1969-1974. Revolusi Hijau adalah suatu bentuk upaya pemerintah untuk mengembangkan teknologi pertanian dari teknologi tradisional ke teknologi modern. Kebijakan ini dimaksudkan untuk menemukan berbagai varietas bibit unggul pertanian seperti padi, gandum, dan jagung. Revolusi ini memfokuskan kegiatannya pada peningkatan hasil pertanian seperti beras. Terdapat empat program dalam Revolusi Hijau, yaitu intensifikasi pertanian, ekstensifikasi pertanian, divesifikasi pertanian, dan rehabilitasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved