Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! Pewaris pimpinan tertinggi diberikan kepada seseorang yang profesional Kaum intelektual berpedan dalam posisi strategis pemerintah Walikota aktif mencalonkan diri menjadi wakil gubernur Penduduk yang homogen menyebabkan ketatnya kompetisi Penempatan posisi seseorang berdasarkan keturunan Yang termasuk faktor pendorong perubahan sosial karena diterapkannya sistem stratifikasi sosial terbuka adalah ....

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. Pewaris pimpinan tertinggi diberikan kepada seseorang yang profesional
  2. Kaum intelektual berpedan dalam posisi strategis pemerintah
  3. Walikota aktif mencalonkan diri menjadi wakil gubernur
  4. Penduduk yang homogen menyebabkan ketatnya kompetisi
  5. Penempatan posisi seseorang berdasarkan keturunan

Yang termasuk faktor pendorong perubahan sosial karena diterapkannya sistem stratifikasi sosial terbuka adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (3), dan (4)

  3. (2), (3), dan (4)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Stratifikasi sosial merupakan pengelompokan masyarakat secara vertikal atau bertingkat. Stratifikasi sosial dapat bersifat terbuka, artinya masyarakat dapat melakukan perpindahan lapisan sosial (mobilitas sosial). Perpindahan lapisan sosial (mobilitas sosial) yang terjadi di masyarakat dapat mempercepat terjadinya perubahan sosial. Stratifikasi terbuka cenderung terjadi pada masyarakat dengan sistem terbuka yang artinya masyarakat tersebut mudah menerima hal-hal baru yang masuk ke dalam lingkungannya hingga menciptakan suatu perubahan sosial. Berdasarkan penjelasan tersebut, faktor pendorong perubahan sosial ditunjukkan pada pernyataan nomor (1), (2), dan (3). Pernyataan nomor (4) tidak tepat karena penduduk yang homogen (memiliki banyak kesamaan) cenderung sulit terjadinya mobilitas sosial sehingga kompetisi antaranggota masyarakat minim terjadi. Pernyataan nomor (5) tidak tepat karena penempatan posisi seseorang berdasarkan keturunan cenderung menghambat terjadinya perubahan sosial dan umumnya terjadi pada masyarakat dengan sifat stratifikasi tertutup.

Stratifikasi sosial merupakan pengelompokan masyarakat secara vertikal atau bertingkat. Stratifikasi sosial dapat bersifat terbuka, artinya masyarakat dapat melakukan perpindahan lapisan sosial (mobilitas sosial). Perpindahan lapisan sosial (mobilitas sosial) yang terjadi di masyarakat dapat mempercepat terjadinya perubahan sosial.

Stratifikasi terbuka cenderung terjadi pada masyarakat dengan sistem terbuka yang artinya masyarakat tersebut mudah menerima hal-hal baru yang masuk ke dalam lingkungannya hingga menciptakan suatu perubahan sosial. Berdasarkan penjelasan tersebut, faktor pendorong perubahan sosial ditunjukkan pada pernyataan nomor (1), (2), dan (3). Pernyataan nomor (4) tidak tepat karena penduduk yang homogen (memiliki banyak kesamaan) cenderung sulit terjadinya mobilitas sosial sehingga kompetisi antaranggota masyarakat minim terjadi. Pernyataan nomor (5) tidak tepat karena penempatan posisi seseorang berdasarkan keturunan cenderung menghambat terjadinya perubahan sosial dan umumnya terjadi pada masyarakat dengan sifat stratifikasi tertutup.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

29

Shafa

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perubahan sosial tidak terjadi dengan sendirinya, namun dapat didorong oleh beberapa faktor. Berikut ini yang merupakan faktor pendorong terjadinya perubahan sosial yaitu ...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia