Roboguru

Jelaskan, pandangan M.A. Jaspan tentang terjadinya perubahan sistem pelapisan sosial dalam kehidupan masyarakat di Indonesia pada masa kolonialis dan imperialis Belanda?

Pertanyaan

Jelaskan, pandangan M.A. Jaspan tentang terjadinya perubahan sistem pelapisan sosial dalam kehidupan masyarakat di Indonesia pada masa kolonialis dan imperialis Belanda?space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Kolonialisme dan imperialisme telah meninggalkan bekas yang sangat dalam bagi kehidupan bangsa Indonesia. Bangsa Indonesia telah ditempatkan sebagai bangsa kuli atau budak yang harus memberikan penghormatan yang setinggi-tingginya terhadap kaum kolonialis dan kaum imperialis.

M.A. Jaspan mengatakan bahwa selama masa kolonialisme dan imperialisme, struktur sosial masyarakat Indonesia yang semula terdiri dari para kuli kenceng, kuli gundul, kuli karang kopek, dan indung tlosor telah mengalami perubahan, sebagai berikut.

Para kuli kenceng berkembang menjadi kaum kulak yang kaya raya karena menguasai lahan pertanahan di pedesaan. Dengan kekayaan seperti itu kaum kulak mampu memperkerjakan kuli gundul dan kuli karang kopek untuk mengerjakan tanahnya dengan sistem bagi hasil. Dalam keadaan seperti itu, lambat laun kaum kulak dapat menyaingi para bekel atau lurah yang merupakan penguasa tertinggi di desa. Bahkan, dalam perkembangan berikutnya, kaum kuli kenceng yang telah berkembang menjadi kaum kulak tersebut menjadi golongan priyayi yang mendapat penghormatan dan penghargaan yang sangat tinggi dalam pandangan masyarakat Jawa pada saat itu.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Adanya seorang anak petani yang menjadi sarjana kedokteran, adanya seorang anak penarik becak menjadi wisudawati terbaik di perguruan tingginya, merupakan bukti-bukti yang menggambarkan terjadinya per...

Pembahasan Soal:

Contoh-contoh yang terdapat pada soal menggambarkan dua keluarga yang tergolong kelas sosial ekonomi bawah. Namun dua keluarga tersebut dapat menjadikan anak-anaknya menjadi seorang sarjana. Hal tersebut dikarenakan adanya kesadaran akan pentingnya pendidikan yang tinggi dalam keluarga tersebut, sehingga terdapat motivasi bagi kedua anak tersebut untuk memperbaiki kelas sosial keluarganya melalui pendidikan. Selain itu, adanya program beasiswa pendidikan juga dapat membuka akses atau peluang bagi mereka untuk mencapai gelar sarjana tersebut. Oleh karena itu, kondisi tersebut menandakan bahwa perubahan sosial didorong oleh stratifikasi sosial terbuka. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

cermatilah pernyataan di bawah ini! (1) sistem terbuka lapisan masyarakat (2) berkembangnya ilmu pengetahuan (3) toleransi (4) jumlah penduduk (5) kontak dengan kebudayaan lain (6) terjadinya be...

Pembahasan Soal:

Jawaban: B

Faktor-faktor pendorong perubahan sosial, yaitu:

  1. Kontak dengan kebudayaan lain.
  2. Sikap saling menghargai hasil karya orang lain dan adanya keinginan untuk maju.
  3. Sistem pendidikan yang maju.
  4. Sistem lapisan masyarakat yang terbuka.
  5. Penduduk yang heterogen.
  6. Toleransi.

Pernyataan pada nomor (2), (4), dan (6) menjelaskan faktor penyebab terjadinya perubahan sosial

0

Roboguru

Faktor yang memengaruhi terjadinya mobilitas sosial adalah ....

Pembahasan Soal:

Ada beberapa faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial, yaitu :undefined

  1. Faktor struktural.undefined
  2. Faktor individu.undefined
  3. Faktor ekonomi.undefined
  4. Faktor politik.undefined
  5. Faktor kependudukan.undefined

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Perhatikan faktor-faktor berikut! 1) Sikap tradisional masyarakat masih mengakar kuat. 2) Masyarakat memiliki sistem pelapisan sosial terbuka. 3) Sikap terbuka terhadap kebudayaan dari kelompok lai...

Pembahasan Soal:

Sistem pelapisan terbuka menyebabkan masyarakat dengan leluasa melakukan mobilitas sosial vertikal. Sikap terbuka juga menyebabkan masyarakat bersedia mempelajari dan beradaptasi terhadap budaya baru. Selain itu, ketidakpuasan masyarakat terhadap bidang tertentu menyebabkan masyarakat melakukan upaya discovery dan invention di berbagai bidang hingga berhasil memenuhi keinginannya. Oleh karena itu, faktor pendorong perubahan sosial ditunjukkan pada nomor 2), 3), dan 5). Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Berikut ini faktor-faktor penyebab perubahan sosial, kecuali ...

Pembahasan Soal:

Faktor penyebab terjadinya perubahan sosial, antara lain :undefined

  1. Adanya penemuan baru. Ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) yang berkembang pesat mendorong proses penemuan-penemuan baru (discovery) dan upaya mengembangkan dari penemuan baru tersebut (invention).
  2. Revolusi. Sebuah revolusi mampu merombak struktur pemerintahan, misalnya pemerintahan yang berbentuk kerajaan menjadi republik. Revolusi menyebabkan perubahan dalam struktur sosial.
  3. Kontak dengan kebudayaan lain. Masuknya kebudayaan asing dapat terjadi melalui kontak langsung dan tidak langsung. Hubungan antarnegara dapat terjadi tanpa batasan wilayah. Melalui kemajuan teknologi komunikasi, setiap negara. dapat mengetahui informasi tentang kebudayaan negara lain secara cepat dan mudah.
  4. Keinginan manusia untuk memperbaiki hidupnya. Pada dasarnya manusia memiliki sifat tidak puas dan selalu menginginkan keadaan yang lebih baik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved