Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, usaha perbaikan dan pemerataan pendidikan dilakukan dengan memberdayakan para sarjana. Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan dasar pendapat Anda!

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

Pada masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono, usaha perbaikan dan pemerataan pendidikan dilakukan dengan memberdayakan para sarjana.

Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan dasar pendapat Anda!

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Untuk memeratakan pendidikan di seluruh penjuru Indonesia,  presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberlakukan kebijakan pembedayaan lulusan sarjana. Pemerintah mewujudkannya dengan menerapkan program Sarjana Mendidik di daerah terdepan, terpencil dan tertinggal  (SM-3T). Program SM-3T diluncurkan pada 2011, merupakan angin segar bagi dunia pendidikan. SM-3T adalah program pengabdian sarjana pendidikan yang dilaksanakan selama setahun. Tujuannya untuk mempercepat pembangunan pendidikan di daerah 3T. Manfaat dari program ini dapat membantu daerah yang kekurangan guru dan masyarakat memiliki pengalaman baru tentang pendidikan nasional. Di sisi lain, SM-3T bukan satu-satunya solusi untuk memeratakan pendidikan di Indonesia. Program ini memiliki beberapa kekurangan, yaitu guru-guru yang dikirim bukan berasal dari daerah 3T sehingga sebagian besar guru tidak mengenal kondisi sosial masyarakat setempat. Serta program ini hanya berdurasi satu tahun sehingga tidak ada jaminan sekolah dari daerah 3T untuk bisa memperoleh guru pengganti dengan jumlah yang sama.

Dengan demikian, benar atau salah dari program tersebut  bergantung dari sudut pandang masing-masing karena dapat dilihat dari kacamata kelebihan atau kekurangan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tulis waktu kepemimpinan SBY dan beberapa kebijakan beliau!

Pembahasan Soal:

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) adalah Presiden keenam (20 Oktober 2004-20 Oktober 2009) dengan Wakil Presidennya, yaitu Jusuf Kalla. Beliau adalah Presiden pertama yang terpilih melalui jalur Pemilu pada tahun 2004. Beberapa kebijakan yang dilakukan SBY adalah sebagai berikut.

  • Membentuk sejumlah institusi hukum seperti Mahkamah Agung (MA) dan peradilan-peradilan di bawahnya seperti Komisi Yudisial (KY).
  • Membentuk beberapa lembaga baru di ranah eksekutif seperti Kejaksaan Agung, Komnas HAM, Komnas Perempuan, serta Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR).
  • Meningkatkan serta mengoptimalisasi penerimaan negara.
  • Meluncurkan program Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
  • Penyelesaian konflik Gerakan Aceh Merdeka (GAM) lewat MoU Helsinki.

SBY kembali terpilih untuk kedua kalinya pada Pemilu 2009. Ia bersama Wakil Presiden Boediono memimpin Indonesia sejak tanggal 20 Oktober 2009-20 Oktober 2014. Berbagai kebijakan yang diambil pada saat itu adalah sebagai berikut.

  • Pembentukan Sekretariat Gabungan (Setgab).
  • Peningkatan investasi untuk tahun-tahun mendatang.
  • Pembayaran utang negara dengan bertahap kepada IMF.
  • Peningkatan anggaran pendidikan minimal 20% dari APBN.
  • Membentuk lembaga untuk menanggulangi masalah kemiskinan, yaitu Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Jadi, masa kepemimpinan SBY pertama berlangsung sejak 20 Oktober 2004-20 Oktober 2009. Beberapa kebijakan yang diambil pada masa ini seperti membentuk sejumlah institusi hukum, membentuk beberapa lembaga baru di ranah eksekutif, meningkatkan penerimaan negara, meluncurkan program BOS, dan penyelesaian konflik GAM.

SBY kembali terpilih menjadi Presiden untuk kedua kalinya sejak 20 Oktober 2009-20 Oktober 2014. Kebijakan-kebijakan beliau di periode kedua ini seperti pembentukan Setgab, peningkatan investasi, pembayaran utang kepada IMF, meningkatkan anggaran pendidikan, dan membentuk lembaga untuk menanggulangi kemiskinan. space

0

Roboguru

Pada masa SBY-JK, salah satu kebijakan di bidang pendidikan adalah …

Pembahasan Soal:

Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono dan Jusuf Kalla merupakan presiden dan wakil presiden RI pertama yang dipilih langsung oleh rakyat. Salah satu sektor yang mendapat perhatian adalah bidang pendidikan. Anggaran pendidikan ditetapkan sesuai dengan UUD 1945 yaitu 20% dari APBN dan APBD sehingga banyak terjadi reformasi di dunia pendidikan. Hal ini direalisasikan dengan pemberian dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), program Bidik Misi (Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi), dan peningkatan standar penghasilan guru dengan adanya sertifikasi guru, serta pemberian bantuan pendidikan (beasiswa) untuk peningkatan kompetensi guru.

Dengan demikian, salah satu kebijakan dalam bidang pendidikan adalah pemenuhan anggaran 20% untuk pendidikan dari jumlah seluruh Anggaran Pendapatan Belanja Nasional maupun Daerah.

0

Roboguru

Program kerja utama dari pemerintahan SBY - Boediono pada periode ke-II pemerintahannya adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada periode pemerintahannya yang kedua, SBY yang didampingi Boediono mencanangkan program kerja prioritas seperti reformasi di bidang pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan komitmen SBY-Boediono yang mengucurkan 20 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk sektor pendidikan. Hal ini sesuai dengan amanat konstitusi yang memang mengamanatkan bahwa 20 persen anggaran negara harus dialokasikan untuk sektor pendidikan. Komitmen reformasi bidang pendidikan mulai diwujudkan Presiden SBY bersama wakilnya Boediono mulai tahun anggaran 2009 hingga akhir jabatannya tahun 2014. Adanya lonjakan anggaran pendidikan di atas membawa dampak positif seperti taraf pendidikan penduduk Indonesia terus meningkat. Bila pada tahun 2004, rata-rata anak berusia 15 tahun hanya menjalani pendidikan selama 7,2 tahun sebelum putus sekolah, di tahun 2012 sudah meningkat hingga 8,1 tahun. Proporsi jumlah penduduk yang dapat menikmati pendidikan tingkat menengah juga bertambah dari 43,8% di 2004 menjadi 52,1% pada tahun 2012.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dilakukan upaya perbaikan sektor pendidikan dengan cara ....

Pembahasan Soal:

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dilakukan upaya perbaikan sektor pendidikan dengan cara memberikan Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Pemerintah meningkatkan anggaran pendidikan yang awalnya sejumlah 21,49 triliun pada tahun 2004 menjadi 50 triliun pada tahun 2007. Perbaikan pendidikan ini berhasil menurunkan presentase tingkat putus sekolah dari 4,25% pada tahun 2005 menjadi 1,5% pada tahun 2006. Selain beasiswa untuk siswa, pemerintah juga meningkatkan tunjangan kesejahteraan tenaga pendidik.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Nama Irian Jaya berubah menjadi Papua terjadi ketika masa pemerintahan ...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 30 Desember 1999, Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengunjungi Irian Jaya untuk berdialog dengan para pemimpin di Jayapura. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Gus Dur memberikan keputusan untuk mengubah nama Irian Jaya menjadi Papua. Perubahan nama ini bertujuan untuk mengembalikan harkat dan martabat Papua sebagai warga negara Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved