Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut!

Menurut Anda, benar atau salah pernyataan tersebut? Jelaskan pendapat Anda!undefined 

Pembahasan Soal:

Televisi Republik Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan TVRI mengudara pertama kali pada 24 Agustus 1962. TVRI merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia. TVRI melakukan siaran uji coba pada 17 Agustus 1962 dengan menyiarkan siaran langsung pidato Presiden dalam peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka. Namun, TVRI baru secara resmi mengudara pada 24 Agustus 1962 saat upacara pembukaan Asian Games. 

Dengan demikian pernyataan mengenai, stasiun televisi pertama di Indonesia adalah TVRI merupakan pernyataan yang benar. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kemunculan televisi di Indonesia bersamaan dengan ditunjuknya Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan salah satu ajang berskala internasional. Ajang tersebut adalah….

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1958, Indonesia mendapatkan kepercayaan untuk menjadi tuan rumah Asian Games ke-IV, yang akan diselenggarakan tahun 1962. Sebelum Asian Games terselenggara, pemerintah memiliki rencana untuk memasukkan media massa, khususnya televisi dalam penyelenggaraan Asian Games tersebut. Rencana tersebut muncul pada tahun 1961. Pemerintah Indonesia pun memutuskan untuk memasukkan proyek televisi ke dalam proyek pembangunan Asian Games IV. Akhirnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Penerangan No:20/E/M/1961, dibentuklah Panitia Persiapan Pembangunan Televisi di Indonesia. 

 

Roboguru

Peristiwa yang melatarbelakangi ditetapkannya tanggal 24 Agustus 1962 sebagai hari lahirnya TVRI adalah ….

Pembahasan Soal:

Kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-IV merupakan momen berharga, karena seluruh masyarakat Indonesia saat itu dapat menikmati acara tersebut. Dengan tayangnya Asian Games di televisi Indonesia, akhirnya pemerintah menetapkan tanggal 24 Agustus 1962 sebagai hari lahirnya stasiun Televisi Republik Indonesia atau TVRI. Hal tersebut juga menjadi sebab stasiun TVRI Pusat berlokasi di daerah Senayan, dan berdekatan dengan Gelora Bung Karno. Tapi, peresmian TVRI baru disahkan oleh pemerintah pada tanggal 20 Oktober 1963 berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 251/1963.  

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Sejak pemerintah menerbitkan Keputusan Menteri Penerangan Republik Indonesia Nomor 190 A/Kep/Menpen/1987 stasiun televisi swasta mulai bermunculan. Stasiun televisi swasta pertama yang muncul di Indon...

Pembahasan Soal:

Awal mula siaran televisi di Indonesia terjadi pada tahun 1962 dengan TVRI sebagai stasiun televisi pertama dan dijadikan sebagai stasiun televisi nasional. Setelah diterbitkannya Keputusan Menteri Penerangan Republik Indonesia Nomor 190 A/Kep/Menpen/1987 satu persatu mulai bermunculan televisi swasta. Pada 24 Agustus 1989 Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI) menjadi stasiun televisi swasta pertama dengan pemilik Bambang Trihatmodjo. Jadi, jawabannya adalah Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI).

Roboguru

Indonesia memiliki teknologi pertelevisian sejak tahun 1962 yang ditandai dengan berdirinya TVRI. Tujuan utama berdirinya TVRI pada saat itu adalah …

Pembahasan Soal:

Pada 24 Agustus 1962, TVRI mengudara untuk pertama kalinya dengan acara siaran langsung upacara pembukaan Asian Games IV dari stadion utama Gelora Bung Karno. TVRI bertugas berdasarkan SK Menteri Penerangan Republik Indonesia No. 20/SK/VII/61. Dengan hadirnya TVRI, Indonesia menjadi salah satu dari empat negara di Asia yang memiliki stasiun televisi, di belakang Jepang, Filipina, dan Thailand. TVRI menayangkan siaran seputar Asian Games 1962, dengan nama Saluran Lima. TVRI menayangkan siaran langsung perhelatan Asian Games 1962 pada pagi hingga sore hari dan siaran tunda Asian Games 1962 mulai pukul 20:45 WIB hingga 23:00 WIB.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Siaran perdana televisi di Indonesia berlangsung pada tanggal….

Pembahasan Soal:

Siaran perdana televisi di Indonesia berlangsung pada 17 Agustus 1962, untuk meliput acara perayaan kemerdekaan Indonesia di Istana Negara. Beberapa hari kemudian, tepatnya pada 24 Agustus 1962, Panitia Pers Pembangunan Televisi di Indonesia, melalui Seksi Televisi Bagian Biro Radio Republik Indonesia, dan bekerjasama dengan tim dari Televisi Organizing Committee Asian Games IV akhirnya berhasil menayangkan upacara pembukaan Asian Games ke-IV untuk rakyat Jakarta di Gelora Bung Karno. Kesempatan Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games ke-IV merupakan momen berharga, karena seluruh masyarakat Indonesia saat itu dapat menikmati acara tersebut. 

 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved