Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! mempunyai kedalaman efektif lebih dari 150 cm kandungan unsur haranya cukup bagisetiap jenis tanaman bertekstur lempung dan berstrukturremah pH tanah sekitar 6,5 Tanah subur adalah tanah yang ....

Perhatikan pernyataan berikut!

  1. mempunyai kedalaman efektif lebih dari 150 cm
  2. kandungan unsur haranya cukup bagi setiap jenis tanaman
  3. bertekstur lempung dan berstruktur remah 
  4. pH tanah sekitar 6,5 

Tanah subur adalah tanah yang ....space 

  1. (1), (2), dan (3) benarspace 

  2. (1) dan (3) benarspace 

  3. (2) dan (4) benarspace 

  4. (4) saja yang benarspace 

  5. semua jawaban benarspace 

Iklan

A. Kusuma

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.space 

Iklan

Pembahasan

Jawaban benar pada soal ini adalah C. Berikut adalah penjelasannya. Tanah subur atau tanah potensial merupakan tanah yang secara fisik, kimiawi, dapat dimanfaatkan untuk fungsi budidaya secara optimal. Kesuburan tanah dibagi menjadi dua katagori yaitu kesuburan tanah aktual dan kesuburan tanah hakiki (asli/alamiah) . Kesuburan tanah potensial , yaitu dapat diperoleh dengan campur teknologi tepat guna. Ciri-ciri tanah subur diantaranya: Kandungan hara tinggi, unsur hara adalah unsur-unsur essential yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Unsur hara tanah dibagi menjadi dua yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro. Contoh unsur hara makro adalah N, P, K, Ca, Mg. Kadar keasamaan tanah dalam kondisi netral atau mendekati netral yaitu 6,5-7,5. Berdasarkan Sartohadi dkk (2010) dalam buku Pengantar Geografi Tanah, pH netral berpengaruh terhadap ketersediaan atau jumlah unsur hara makro yang dibuthkan oleh tanaman yaitu N, P, K, Ca, dan Mg. Tekstur tingkat sedang (geluh, geluh berlempung, geluh berpasir, geluh berdebu) , tekstur tanah sedang berpengaruh terhadap kemampuan dalam menyimpan dan meloloskan kadar air dalam tanah, menjaga aerasi tanah, dan ammpu menjerap unsur-unsur esensial. Keberadaan organisme tanah seperti cacing tanah. Cacing tanah menjadi salah satu indikator tingkat kesuburan tanah secara biologis. Keberadaan organisme di dalam tanah secara tidak langsung menunjukkan lingkungan yang baik (aerasi, ketersediaan hara, ketersediaan air dalam tanah). Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Jawaban benar pada soal ini adalah C.

Berikut adalah penjelasannya.

Tanah subur atau tanah potensial merupakan tanah yang secara fisik, kimiawi, dapat dimanfaatkan untuk fungsi budidaya secara optimal. Kesuburan tanah dibagi menjadi dua katagori yaitu kesuburan tanah aktual dan kesuburan tanah hakiki (asli/alamiah). Kesuburan tanah potensial, yaitu dapat diperoleh dengan campur teknologi tepat guna. Ciri-ciri tanah subur diantaranya:

  • Kandungan hara tinggi, unsur hara adalah unsur-unsur essential yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan berkembang. Unsur hara tanah dibagi menjadi dua yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro. Contoh unsur hara makro adalah N, P, K, Ca, Mg.
  • Kadar keasamaan tanah dalam kondisi netral atau mendekati netral yaitu 6,5-7,5. Berdasarkan Sartohadi dkk (2010) dalam buku Pengantar Geografi Tanah, pH netral berpengaruh terhadap ketersediaan atau jumlah unsur hara makro yang dibuthkan oleh tanaman yaitu N, P, K, Ca, dan Mg.
  • Tekstur tingkat sedang (geluh, geluh berlempung, geluh berpasir, geluh berdebu), tekstur tanah sedang berpengaruh terhadap kemampuan dalam menyimpan dan meloloskan kadar air dalam tanah, menjaga aerasi tanah, dan ammpu menjerap unsur-unsur esensial.
  • Keberadaan organisme tanah seperti cacing tanah. Cacing tanah menjadi salah satu indikator tingkat kesuburan tanah secara biologis. Keberadaan organisme di dalam tanah secara tidak langsung menunjukkan lingkungan yang baik (aerasi, ketersediaan hara, ketersediaan air dalam tanah).

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.space 

58

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kesuburan tanah di Indonesia salah satunya disebabkan oleh ....

171

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia