Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan di bawah ini! menjaga agar tanah tidak mudah terkena erosi mengurangi bahaya banjir mengurangi penguapan air tanahyang berlebihan memberi bahan makanan pada tumbuhan Tumbuhan yang kurus harus dipupuk. Maksud pemupukan adalah ....

Perhatikan pernyataan di bawah ini!

  1. menjaga agar tanah tidak mudah terkena erosi  
  2. mengurangi bahaya banjir 
  3. mengurangi penguapan air tanah yang berlebihan
  4. memberi bahan makanan pada tumbuhan 

Tumbuhan yang kurus harus dipupuk. Maksud pemupukan adalah ....space 

  1. (1), (2), dan (3) benarspace 

  2. (1) dan (3) benarspace 

  3. (2) dan (4) benarspace 

  4. (4) saja yang benarspace 

  5. semua jawaban benarspace 

Iklan

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Jawaban benar pada soal ini adalah D. Berikut adalah penjelasannya. Pupuk adalah material organic atau kimia yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman sehingga memiliki produktivitas yang baik. Pupuk digolongkan menjadi dua yaitu pupuk organik dan pupuk sintesis . Dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya lahan, pupuk organik memiliki kemampuan dalam memperbaiki sifat-sifat fisik tanah seperti permeabilitas tanah, porositas tanah, struktur tanah, daya menahan air dan kation tanah . Berikut ini beberapa contoh pupuk organik yang dapat digunakan dalam pengembangan pertanian organik menurut Roidah (2013) dalam artikel “Manfaat Penggunaan Pupuk Organik untuk Kesuburan Tanah)”. Pupuk kandang, merupakan jenis pupuk yang berasal dari sisa metabolism hewan ternak seperti ayam, kambing, sapi, dan kuda. Umumnya pupuk kandang mengandung 5 kg N, 3 kg P 2 O 5 dan 5 kg K 2 O serta unsur – unsur hara esensial lain dalam jumlah yang relatif kecil (Hardjowigeno, 2003). Pupuk Hijau , merupakan hijauan muda dan dapat sbagai penambah N dan unsur lain atau sisa tanaman yang dikembalikan ke tanah. Jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pupuk salah satu contohnya adalah jenis tanaman perdu, tanaman pelindung dan tanaman penutup tanah. Kompos , merupakan bahan organik yang dibusukkan pada suatu tempat yang terlindung dari matahari dan hujan, diatur kelembabannya dengan menyiram air bila terlalu kering. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Jawaban benar pada soal ini adalah D.

Berikut adalah penjelasannya.

Pupuk adalah material organic atau kimia yang ditambahkan pada media tanam atau tanaman untuk mencukupi kebutuhan hara yang diperlukan tanaman sehingga memiliki produktivitas yang baik. Pupuk digolongkan menjadi dua yaitu pupuk organik dan pupuk sintesis. Dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya lahan, pupuk organik memiliki kemampuan dalam memperbaiki sifat-sifat fisik tanah seperti permeabilitas tanah, porositas tanah, struktur tanah, daya menahan air dan kation tanah. Berikut ini beberapa contoh pupuk organik yang dapat digunakan dalam pengembangan pertanian organik menurut Roidah (2013) dalam artikel “Manfaat Penggunaan Pupuk Organik untuk Kesuburan Tanah)”.

  • Pupuk kandang, merupakan jenis pupuk yang berasal dari sisa metabolism hewan ternak seperti ayam, kambing, sapi, dan kuda. Umumnya pupuk kandang mengandung 5 kg N, 3 kg P2O5 dan 5 kg K2O serta unsur – unsur hara esensial lain dalam jumlah yang relatif kecil (Hardjowigeno, 2003).
  • Pupuk Hijau, merupakan hijauan muda dan dapat sbagai penambah N dan unsur lain atau sisa tanaman yang dikembalikan ke tanah. Jenis tanaman yang dapat digunakan sebagai pupuk salah satu contohnya adalah jenis tanaman perdu, tanaman pelindung dan tanaman penutup tanah. 
  • Kompos, merupakan bahan organik yang dibusukkan pada suatu tempat yang terlindung dari matahari dan hujan, diatur kelembabannya dengan menyiram air bila terlalu kering.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.space 

Konsep Kilat Batuan (NEW!)

Konsep Kilat Tanah (NEW!)

Bedah Tipe Soal Batuan (NEW!)

Bedah Tipe Soal Tanah (NEW!)

Latihan Bab

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

128

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tujuan dari dilakukan pencangkulan adalah ....

266

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia