Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut. Masyarakat selalu berada dalam kondisi harmonis. Perubahan sosial merupakan upaya guna mencapai keseimbangan baru. Pernyataan    di    atas    merupakan    asumsi terkenal dari pendekatan/teori ...

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut.

  1. Masyarakat selalu berada dalam kondisi harmonis.
  2. Perubahan sosial merupakan upaya guna mencapai keseimbangan baru.

Pernyataan    di    atas    merupakan    asumsi terkenal dari pendekatan/teori ...

 

  1. Struktural fungsional

  2. Konflik

  3. Interaksionisme simbolik

  4. Fakta sosial

  5. Definisi sosial

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Fungsionalisme melihat individu sebagai bagian dari masyarakat yang berada dalam sistem sosial yang besar. Sistem sosial ini bekerja untuk menciptakan stabilitas tatanan sosial. Masyarakat, dengan demikian adalah kumpulan dari individu-individu yang bekerja dalam sebuah sistem untuk menjaga stabilitas sosial. Durkheim sendiri melihat masyarakat sebagaimana organisme. Organisme tersusun atas beberapa komponen yang memainkan peranannya masing-masing. Apabila masing-masing komponen bergerak sendiri, organisme akan mengalami disfungsi atau gagal berfungsi. Teori struktural fungsional melihat institusi atau lembaga sosial sebagai komponen dari sistem sosial. Masing-masing lembaga didesain untuk menjalankan fungsinya. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut Auguste Comte, masyarakat dianalogikan seperti organisme biologis yang memiliki karakteristik ....

Pembahasan Soal:

Teori fungsionalisme struktural adalah suatu bangunan teori yang paling besar pengaruhnya dalam ilmu sosial pada abad sekarang. Tokoh-tokoh yang pertama kali mencetuskan fungsional yaitu Auguste Comte, Emile Durkheim dan Herbet Spencer. Pemikiran struktural fungsional sangat dipengaruhi oleh pemikiran biologis yaitu menganggap masyarakat sebagai organisme biologis yaitu terdiri dari organ-organ yang saling ketergantungan, ketergantungan tersebut merupakan hasil atau konsekuensi agar organisme tersebut tetap dapat bertahan hidup. Ketergantungan antarunsur dalam masyarakat dijelaskan melalui teori ini untuk menghasilkan keteraturan sosial di masyarakat karena masing-masing unsur memiliki fungsinya masing-masing yang saling mempengaruhi satu sama lain.

Roboguru

Gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat lebih cepat berubah bila dibandingkan dengan gejala-gejala alam. Hal ini menunjukkan bahwa gejala sosial bersifat ….

Pembahasan Soal:

Gejala sosial dapat diartikan sebagai peristiwa-peristiwa yang terjadi oleh manusia, baik secara individu maupun secara kelompok. Salah satu karakteristik gejala sosial bersifat dinamis yang mengacu pada perilaku masyarakat yang cenderung mudah berubah (dinamis). Akibatnya, berbagai peristiwa di masyarakat menjadi cepat berubah, misalnya perubahan mode pakaian yang terus berganti dari tahun ke tahun.
Adapun karakteristik gejala sosial lainnya sebagai berikut.

  • Gejala sosial sangat kompleks.
  • Gejala sosial beranekaragam.
  • Gejala sosial tidak bersifat universal.
  • Tidak mudah dimengerti
  • Kurang objektif
  • Bersifat kualitatif
  • Sulit diprediksi

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space space

Roboguru

Lahirnya sosiologi dilatarbelakangi oleh peristiwa penting yang mengubah tatanan sosial masyarakat Eropa secara mendasar di abad pertengahan. Salah satu peristiwa tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Menurut Laetendecker, salah satu ancaman yang mengugncang masyarakat Eropa adalah Revolusi politik di Prancis. Peristiwa revolusi tersebut mengubah struktur politik di Prancis, dari sistem monarki absolut (kerajaan) menjadi sistem demokrasi. Kondisi tersebut pada akhirnya mengubah tatanan kehidupan sosial masyarakat Prancis. Oleh karena itu, dibutuhkannya suatu disiplin ilmu untuk mengkaji secara khusus permasalahan masyarakat sehingga lahirlah ilmu Sosiologi. 

Roboguru

Manifestasi imajinasi sosiologi adalah ….

Pembahasan Soal:

Salah seorang tokoh sosiologi bernama C. Wright Mills mengatakan pokok bahasan sosiologi yaitu imajinasi sosiologi. C. Wright Mills berpendapat bahwa imajinasi sosiologi mempelajari tentang masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat melalui dua hal, yaitu personal trouble dan public issue. Personal trouble adalah masalah pribadi yang menjadi ancaman terhadap nilai yang didukung pribadi. Sementara itu, public issue adalah hal di luar jangkauan kehidupan pribadi individu dan merupakan ancaman terhadap nilai yang didukung bersama. Imajinasi sosiologi dapat terlihat (termanifestasi) melalui masalah pribadi yang menjadi isu-isu publik yang merupakan masalah bersama (masyarakat).

Contohnya, perceraian yang terjadi pada satu keluarga menyebabkan disorganisasi keluarga sehingga anak dalam keluarga tersebut berpotensi melakukan penyimpangan sosial (kenalan remaja) oleh karena sosialisasi tidak sempurna dari orang tuanya. Permasalahan yang dialami keluarga tersebut dapat dikategorikan sebagai masalah pribadi bagi keluarganya (personal trouble). Namun, jika kasus perceraian menimpa pada beberapa keluarga lain dalam lingkup masyarakat yang lebih luas, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya peningkatan kasus kenakalan remaja yang dapat dikategorikan sebagai public issue.

Roboguru

Keguanan utama sosiologi adalah mengkasi masyarakat pluralistik, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Salah satu kegunaan ilmu sosiologi adalah untuk mengkaji masyarakat karena pada hakikatnya, objek sosiologi adalah masyarakat bukan level individu.

Setidaknya ada 3 tujuan sosiologi yang diharapkan yaitu:

  • Menjelaskan fenomena sosial dalam masyrakat,
  • mengetahui penyebab serta dampak yang ditimbulkan dalam segala proses sosial di dalamnya,
  • membuat rekayasa sosial untuk kebermanfaatan kehidupan bermasyarakat sehingga sosiologi dapat digunakan untuk meramalkan atau memprediksi fenomena yang akan terjadi di masyarakat berdasarkan kajian atau penelitian yang telah dilakukan.

Melalui penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sosiologi selalu berbicara tentang masyarakat. Dengan demikian, pemahaman terhadap pola tingkah laku yang bersifat indiviu bukanlah tujuan dari ilmu sosiologi.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved