Iklan

Iklan

Pertanyaan

Manifestasi imajinasi sosiologi adalah ….

Manifestasi imajinasi sosiologi adalah ….

  1. memahami masyarakat sebagai arena yang menghasilkan konflik dan perubahan sosial

  2. melihat kegagalan pribadi orang merupakan penyebab masalah sosial

  3. mengidentifikasi perilaku individu tertentu dalam pola-pola sosial umum

  4. mengubah masalah pribadi menjadi isu-isu publik

  5. membuat perbedaan besar dalam membentuk kehidupan

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Salah seorang tokoh sosiologi bernama C. Wright Mills mengatakan pokok bahasan sosiologi yaitu imajinasi sosiologi . C. Wright Mills berpendapat bahwa imajinasi sosiologi mempelajari tentang masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat melalui dua hal, yaitu personal trouble dan public issue. Personal trouble adalah masalah pribadi yang menjadi ancaman terhadap nilai yang didukung pribadi. Sementara itu, public issue adalah hal di luar jangkauan kehidupan pribadi individu dan merupakan ancaman terhadap nilai yang didukung bersama . Imajinasi sosiologi dapat terlihat (termanifestasi) melalui masalah pribadi yang menjadi isu-isu publik yang merupakan masalah bersama (masyarakat). Contohnya, perceraian yang terjadi pada satu keluarga menyebabkan disorganisasi keluarga sehingga anak dalam keluarga tersebut berpotensi melakukan penyimpangan sosial (kenalan remaja) oleh karena sosialisasi tidak sempurna dari orang tuanya. Permasalahan yang dialami keluarga tersebut dapat dikategorikan sebagai masalah pribadi bagi keluarganya ( personal trouble ). Namun, jika kasus perceraian menimpa pada beberapa keluarga lain dalam lingkup masyarakat yang lebih luas, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya peningkatan kasus kenakalan remaja yang dapat dikategorikan sebagai public issue .

Salah seorang tokoh sosiologi bernama C. Wright Mills mengatakan pokok bahasan sosiologi yaitu imajinasi sosiologi. C. Wright Mills berpendapat bahwa imajinasi sosiologi mempelajari tentang masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat melalui dua hal, yaitu personal trouble dan public issue. Personal trouble adalah masalah pribadi yang menjadi ancaman terhadap nilai yang didukung pribadi. Sementara itu, public issue adalah hal di luar jangkauan kehidupan pribadi individu dan merupakan ancaman terhadap nilai yang didukung bersama. Imajinasi sosiologi dapat terlihat (termanifestasi) melalui masalah pribadi yang menjadi isu-isu publik yang merupakan masalah bersama (masyarakat).

Contohnya, perceraian yang terjadi pada satu keluarga menyebabkan disorganisasi keluarga sehingga anak dalam keluarga tersebut berpotensi melakukan penyimpangan sosial (kenalan remaja) oleh karena sosialisasi tidak sempurna dari orang tuanya. Permasalahan yang dialami keluarga tersebut dapat dikategorikan sebagai masalah pribadi bagi keluarganya (personal trouble). Namun, jika kasus perceraian menimpa pada beberapa keluarga lain dalam lingkup masyarakat yang lebih luas, maka hal tersebut dapat memicu terjadinya peningkatan kasus kenakalan remaja yang dapat dikategorikan sebagai public issue.

7rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kajian sosiologi sangat dibutuhkan untuk pembuatan program-program pengembangan komunitas di pedesaan oleh perusahaan tambang. Hal ini menunjukkan manfaat sosiologi sebagai ....

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia