Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut ini! Pengumpulan data keadaan Pemilihan masalah yang akan dipecahkan Analisis data keadaan Perumusan tujuan-tujuan Identifikasi masalah Urutan yang benar dalam tahapan perencanaan program/kegiatan pemberdayaan komunitas adalah....

Perhatikan pernyataan berikut ini!

  1. Pengumpulan data keadaan
  2. Pemilihan masalah yang akan dipecahkan
  3. Analisis data keadaan
  4. Perumusan tujuan-tujuan
  5. Identifikasi masalah

Urutan yang benar dalam tahapan perencanaan program/kegiatan pemberdayaan komunitas adalah....space 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Kearifan lokal masyarakat merupakan hasil dari proses adaptasi turunmenurun dalam periode waktu yang sangat lama terhadap suatu lingkungan alam tempat mereka tinggal. Kearifan lokal menjadi tata nilai kehidupan yang diwarisi antargenerasi. Kearifan lokal ini meliputi nilai, adat istiadat dan lain-lain. dalam zaman modern ininilai-nilai luhur dalam kearifan lokal dikhawatirkanmulai meredup, memudar, dan kehilangan maknanya. Sehingga untuk mempertahan kan kearaifan lokal yang ada dalam masyarakat perlu melakukan pemberdayaan komunitas yang ada dalam masyarakat. Pemberdayaan dapat diartikan sebagai suatu proses menuju berdaya, atau proses untuk memperoleh daya/kekuatan/kemampuan, atau proses pemberian daya/kekuatan/kemampuan kepada pihak yang kurang atau belum berdaya. komunitas adalah sekelompok masyarakat yang terikat dalam suatu identitas yang sama. Adapunlangkah perencanaandalam pemberdayaan komunitas adalah sebagai berikut : Pengumpulan data keadaan Analisis data keadaaan Identifikasi Masalah Pemilihan masalah yang akan dipecahkan Perumusan tujuan-tujuan Lima tahapan tersebut adalah tahapan untuk memulai program kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Kearifan lokal masyarakat merupakan hasil dari proses adaptasi turunmenurun dalam periode waktu yang sangat lama terhadap suatu lingkungan alam tempat mereka tinggal. Kearifan lokal menjadi tata nilai kehidupan yang diwarisi antargenerasi. Kearifan lokal ini meliputi nilai, adat istiadat dan lain-lain. dalam zaman modern ini nilai-nilai luhur dalam kearifan lokal dikhawatirkanmulai meredup, memudar, dan kehilangan maknanya. 

Sehingga untuk mempertahan kan kearaifan lokal yang ada dalam masyarakat perlu melakukan pemberdayaan komunitas yang ada dalam masyarakat.  Pemberdayaan dapat diartikan sebagai suatu proses menuju berdaya, atau proses untuk memperoleh daya/kekuatan/kemampuan, atau proses pemberian daya/kekuatan/kemampuan kepada pihak yang kurang atau belum berdaya. komunitas adalah sekelompok masyarakat yang terikat dalam suatu identitas yang sama. Adapun langkah perencanaan dalam pemberdayaan komunitas adalah sebagai berikut  :

  1. Pengumpulan data keadaan
  2. Analisis data keadaaan
  3. Identifikasi Masalah
  4. Pemilihan masalah yang akan dipecahkan
  5. Perumusan tujuan-tujuan

Lima tahapan tersebut adalah tahapan untuk memulai program kegiatan pemberdayaan masyarakat.undefined  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

53

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam pelaksanaan pemberdayaan komunitas, tahap perencanaan harus dilakukan. Benar atau salah pernyataan tersebut?

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia