Iklan

Iklan

Pertanyaan

undefined 

Perhatikan beberapa pernyataan berikut! Membentuk inisiator pemberdayaan desa wisata alam. Melakukan evaluasi hasil pemberdayaan. Menggali informasi desa untuk dijadikan daerah wisata alam. Memfasilitasi masyarakat setempat dengan memberikan pelatihan-pelatihan. Melakukan pendampingan pemberdayaan secara berkelompok. Urutan proses pemberdayaan yang tepat ditunjukkan oleh angka...

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

  1. Membentuk inisiator pemberdayaan desa wisata alam.
  2. Melakukan evaluasi hasil pemberdayaan.
  3. Menggali informasi desa untuk dijadikan daerah wisata alam.
  4. Memfasilitasi masyarakat setempat dengan memberikan pelatihan-pelatihan.
  5. Melakukan pendampingan pemberdayaan secara berkelompok.

Urutan proses pemberdayaan yang tepat ditunjukkan oleh angka... 

  1. 1)-2)-3)-4)-5)undefined 

  2. 1)-2)-4)-3)-5)undefined 

  3. 1)-3)-4)-5)-2)undefined 

  4. 2)-3)-4)-5)-1)undefined 

  5. 3)-4)-1)-5)-2)undefined 

Iklan

F. Saputri

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C

jawaban yang tepat adalah Cundefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya strategis untuk membantu kelompok masyarakat yang mengalami ketertinggalan. adapun proses dalam pelaksanaan pemberdayaan yaitu sebagai berikut : Membentuk inisiator pemberdayaan desa wisata alam , dalam proses pemberdayaan diperlukan seorang inisiator atau pihak-pihak yang mengggerakan program pemberdayaan itu sendiri. pihak inisiator dapat berasal dari pemerintah, masyarakat, ataupun lembaga kemasyarakatan. Menggali informasi desa untuk dijadikan daerah wisata alam, kemudian setelah terdapat inisiator maka yang perlu dilakukan adalah menggali informasi terhadap kemungkinan potensi yang dimiliki suatu desa. dalam hal ini seorang inisiator harus mampumemperhatikan segala potensi yang dimiliki komunitas, Sebagai contoh, pihak pemberdaya harus menerima pandangan, pendapat, dan kondisi lingkungan yang mendukung upaya pemberdayaan. Memfasilitasi masyarakat setempat dengan memberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan potensi yang terdapat pada suatu wilayah Melakukan pendampingan pemberdayaan secara berkelompok, kegiatan sosialisasi dilakukan secara berkelompok dapat meningkatkan efektifitas sosialisasi dan mendorong efisiensi waktu dibandingan secara individual. Melakukan evaluasi hasil pemberdayaan, setiap program kegiatan yang telah dilaksanakan perlu dilakukan proses evaluasi.Proses evaluasi bertujuan lintuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program pemberdayaan. Selanjutnya, tingkat keberhasilan program pemberdayaan dijadikan landasan menentukan langkah selanjutnyaa untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi program pemberdayaan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C

Pemberdayaan masyarakat merupakan upaya strategis untuk membantu kelompok masyarakat yang mengalami ketertinggalan. adapun proses dalam pelaksanaan pemberdayaan yaitu sebagai berikut :

  1. Membentuk inisiator pemberdayaan desa wisata alam, dalam proses pemberdayaan diperlukan seorang inisiator atau pihak-pihak yang mengggerakan program pemberdayaan itu sendiri. pihak inisiator dapat berasal dari pemerintah, masyarakat, ataupun lembaga kemasyarakatan.
  2. Menggali informasi desa untuk dijadikan daerah wisata alam, kemudian setelah terdapat inisiator maka yang perlu dilakukan adalah menggali informasi terhadap kemungkinan potensi yang dimiliki suatu desa. dalam hal ini seorang inisiator harus mampu memperhatikan segala potensi yang dimiliki komunitas, Sebagai contoh, pihak pemberdaya harus menerima pandangan, pendapat,  dan kondisi lingkungan yang mendukung upaya pemberdayaan.
  3. Memfasilitasi masyarakat setempat dengan memberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan potensi yang terdapat pada suatu wilayah
  4. Melakukan pendampingan pemberdayaan secara berkelompok, kegiatan sosialisasi dilakukan secara berkelompok dapat meningkatkan efektifitas sosialisasi dan mendorong efisiensi waktu dibandingan secara individual.
  5. Melakukan evaluasi hasil pemberdayaan, setiap program kegiatan yang telah dilaksanakan perlu dilakukan proses evaluasi. Proses evaluasi bertujuan lintuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan program pemberdayaan. Selanjutnya, tingkat keberhasilan program pemberdayaan dijadikan landasan menentukan langkah selanjutnyaa untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi program pemberdayaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Cundefined 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

25

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dalam pelaksanaan pemberdayaan komunitas, tahap perencanaan harus dilakukan. Benar atau salah pernyataan tersebut?

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia