Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut ! (1). Pendidikan formal yang maju dan tinggi (2). Iklim yang menyenangkan bagi media massa (3). Sikap Vested interest golongan penguasa (4). Pandangan hidup berorientasi kemasa yang akan datang (5). Tidak menghargai adanya prestasi dan karya seseorang Yang merupakan faktor pendorong terjadinya perubahan sosial adalah ….

Perhatikan pernyataan berikut !
(1). Pendidikan formal yang maju dan tinggi
(2). Iklim yang menyenangkan bagi media massa
(3). Sikap Vested interest golongan  penguasa
(4). Pandangan hidup berorientasi kemasa yang akan datang
(5). Tidak menghargai adanya prestasi dan karya seseorang
Yang merupakan faktor pendorong terjadinya perubahan sosial adalah ….
 

  1. (1),(2), dan (3)
     

  2. (1),(2), dan (4)
     

  3. (1),(3), dan (5)
     

  4. (2),(4), dan (5)
     

  5. (3),(4), dan (5)

Iklan

S. Dianita

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Proses perubahan sosial yang terjadi di dalam masyarakat dapat berlangsung secara cepat atau lancar, dan dapat pula berlangsung secara tidak cepat atau tidak lancar. Untuk itu dibutuhkan faktor-faktor dapat mendorong (memperlancar/mempercepat) bagi jalannya proses perubahan sosial itu. Diantaranya ialah pendidikan yang maju akan mampu menghasilkan sdm yang berkualitas, media massa mampu mendorong perubahan sosial terjadi karena melalui media massa yang semakin banyak berkembang memungkinkan informasi menyebar dengan mudah di masyarakat. Informasi dalam bentuk apapun dapat disebarluaskan dengan mudah dan cepat sehingga mempengaruhi cara pandang, gaya hidup, serta budaya suatu bangsa. Dengan memiliki pandangan yang berorientasi ke depan, masyarakat akan secara otomatis menginginkan suatu perubahan ke arah yang lebih baik.

Proses perubahan sosial yang terjadi di dalam masyarakat dapat berlangsung secara cepat atau lancar, dan dapat pula berlangsung secara tidak cepat atau tidak lancar. Untuk itu dibutuhkan faktor-faktor dapat mendorong (memperlancar/mempercepat) bagi jalannya proses perubahan sosial itu.  Diantaranya ialah pendidikan yang maju akan mampu menghasilkan sdm yang berkualitas, media massa mampu mendorong perubahan sosial terjadi karena melalui media massa yang semakin banyak berkembang memungkinkan informasi menyebar dengan mudah di masyarakat. Informasi dalam bentuk apapun dapat disebarluaskan dengan mudah dan cepat sehingga mempengaruhi cara pandang, gaya hidup, serta budaya suatu bangsa. Dengan memiliki pandangan yang berorientasi ke depan, masyarakat akan secara otomatis menginginkan suatu perubahan ke arah yang lebih baik.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

PUSPA DWI LESTARI

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Majunya sistem pendidikan memang dapat menghasilkan perubahan sosial yang mengarah pada kemajuan dalam masyarakat. Namun di sisi lain jika masyarakat mengalami sistem pendidikan yang rendah juga dapat...

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia