Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Pendidikan formal yang maju dan tinggi (2) Iklim yang menyenangkan bagi media masa (3) Sikap vested interest golongan penguasa (4) Pandangan hidup berorientasi ke masa yang akan datang (5) Tidak menghargai adanya prestasi dan karya seseorang Yang merupakan faktor pendorong terjadinya perubahan sosial adalah ....

Perhatikan pernyataan berikut!

(1) Pendidikan formal yang maju dan tinggi

(2) Iklim yang menyenangkan bagi media masa

(3) Sikap vested interest golongan penguasa

(4) Pandangan hidup berorientasi ke masa yang akan datang

(5) Tidak menghargai adanya prestasi dan karya seseorang

Yang merupakan faktor pendorong terjadinya perubahan sosial adalah ....

  1. (1), (2), dan (3)

  2. (1), (2), dan (4)

  3. (1), (3), dan (5)

  4. (2), (4), dan (5)

  5. (3), (4), dan (5)

Iklan

A. Ac

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Definisi perubahan sosial menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat. Pendidikan formal yang maju dan tinggi dapat mendorong terjadinya perubahan sosial sebab salah satu faktor kunci terjadinya perubahan sosial adalah berkembangnya ilmu pengetahuan sehingga dapat menciptakan temuan-temuan baru baik dalam hal teknologi maupun teori sosial. Iklim yang menyenangkan bagi media massa juga dapat mendorong terjadinya perubahan sosial. Di sini, media massa berfungsi sebagai pihak ketiga yang menghubungkan pemerintahan dan masyarakat. Kemudahan arus informasi antar pihak seperti ini akan mempercepat terjadinya perubahan sosial. Pandangan hidup yang berorientasi masa depan juga dapat mempercepat terjadinya perubahan sosial. Sebab, perubahan selalu lahir dari mereka yang tidak terpaku pada masa lalu dan bersikap konservatif. Berorientasi masa depan berarti menyatakan sikap terbuka terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi dan siap akan konsekuensi di masa mendatang.

Definisi perubahan sosial menurut John Luwis Gillin dan John Philip Gillin adalah perubahan yang terjadi sebagai suatu variasi dari cara hidup yang telah diterima karena adanya perubahan kondisi geografi, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, maupun adanya difusi atau penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.

Pendidikan formal yang maju dan tinggi dapat mendorong terjadinya perubahan sosial sebab salah satu faktor kunci terjadinya perubahan sosial adalah berkembangnya ilmu pengetahuan sehingga dapat menciptakan temuan-temuan baru baik dalam hal teknologi maupun teori sosial.

Iklim yang menyenangkan bagi media massa juga dapat mendorong terjadinya perubahan sosial. Di sini, media massa berfungsi sebagai pihak ketiga yang menghubungkan pemerintahan dan masyarakat. Kemudahan arus informasi antar pihak seperti ini akan mempercepat terjadinya perubahan sosial.

Pandangan hidup yang berorientasi masa depan juga dapat mempercepat terjadinya perubahan sosial. Sebab, perubahan selalu lahir dari mereka yang tidak terpaku pada masa lalu dan bersikap konservatif. Berorientasi masa depan berarti menyatakan sikap terbuka terhadap segala kemungkinan yang akan terjadi dan siap akan konsekuensi di masa mendatang.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

17

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut ! (1). Pendidikan formal yang maju dan tinggi (2). Iklim yang menyenangkan bagi media massa (3). Sikap Vested interest golongan penguasa (4). Pandangan hidup berorien...

3

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia