Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan peristiwa-peristiwa dalam proses pernapasan berikut! Terjadi pertukaran gas di dalam jaringan tubuh. Hemoglobin mengikat oksigen membentuk oksihemoglobin. Karbon dioksida meninggalkan darah dan oksigen masuk ke darah secara difusi. Oksigen melepaskan ikatan dengan hemoglobin. Oksigen berdifusi masuk ke jaringan tubuh. Peristiwa yang terjadi pada pernapasan internal ditunjukkan oleh angka ....

Perhatikan peristiwa-peristiwa dalam proses pernapasan berikut!

  1. Terjadi pertukaran gas di dalam jaringan tubuh.
  2. Hemoglobin mengikat oksigen membentuk oksihemoglobin.
  3. Karbon dioksida meninggalkan darah dan oksigen masuk ke darah secara difusi.
  4. Oksigen melepaskan ikatan dengan hemoglobin.
  5. Oksigen berdifusi masuk ke jaringan tubuh.

Peristiwa yang terjadi pada pernapasan internal ditunjukkan oleh angka ....

  1. 1), 2), dan 3)

  2. 1), 3), dan 4)

  3. 1), 4), dan 5)

  4. 2), 3), dan 5)

  5. 3), 4), dart 5)

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang benar adalah C.

pilihan jawaban yang benar adalah C. 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Jenis-jenis pernapasan berdasarkan lokasi terjadinya yaitu pernapasan eksternal dan internal. Pernapasan luar (eksternal) adalah Proses pertukaran dan yang terjadi antara udara dan darah yang berlangsung di dalam paru-paru. Sedangkan, pernapasan dalam (internal) merupakan proses pertukaran dan dari kapiler darah ke sel-sel atau jaringan tubuh. Pada pernapasan internal terjadi ketika dari kapiler masuk ke jaringan karena adanya perbedaan tekanan parsial lalu yang diikat oleh Hb akan berpindah ke sel dan digunakan untuk proses respirasi intraseluler. Sedangkan, dan hasil respirasi seluler akan berpindah ke kapiler dengan perbedaan tekanan parsial lalu membentuk reaksi yang dibantu enzim karbonat anhidrase. Reaksinya sebagai berikut: Dari informasi tersebut, dapat kita ketahui bahwa peristiwa yang terjadi pada pernapasan internal adalah 1) Terjadi pertukaran gas di dalam jaringan tubuh, 4) Oksigen melepaskan ikatan dengan hemoglobin, dan 5) Oksigen berdifusi masuk ke jaringan tubuh. Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C.

Jenis-jenis pernapasan berdasarkan lokasi terjadinya yaitu pernapasan eksternal dan internal. Pernapasan luar (eksternal) adalah Proses pertukaran begin mathsize 14px style straight O subscript 2 end style dan begin mathsize 14px style CO subscript 2 end style yang terjadi antara udara dan darah yang berlangsung di dalam paru-paru. Sedangkan, pernapasan dalam (internal) merupakan proses pertukaran begin mathsize 14px style straight O subscript 2 end style dan begin mathsize 14px style CO subscript 2 end style dari kapiler darah ke sel-sel atau jaringan tubuh.

Pada pernapasan internal terjadi ketika begin mathsize 14px style straight O subscript 2 end style dari kapiler masuk ke jaringan karena adanya perbedaan tekanan parsial lalu begin mathsize 14px style straight O subscript 2 end style yang diikat oleh Hb akan berpindah ke sel dan digunakan untuk proses respirasi intraseluler. Sedangkan, begin mathsize 14px style CO subscript 2 end style dan begin mathsize 14px style straight H subscript 2 straight O end style hasil respirasi seluler akan berpindah ke kapiler dengan perbedaan tekanan parsial lalu membentuk reaksi yang dibantu enzim karbonat anhidrase. Reaksinya sebagai berikut:

begin mathsize 14px style straight H subscript 2 straight O space plus space CO subscript 2 space rightwards arrow space straight H subscript 2 CO subscript 3 space rightwards arrow space HCO subscript 3 to the power of minus space plus space straight H to the power of plus end style

Dari informasi tersebut, dapat kita ketahui bahwa peristiwa yang terjadi pada pernapasan internal adalah 1) Terjadi pertukaran gas di dalam jaringan tubuh, 4) Oksigen melepaskan ikatan dengan hemoglobin, dan 5) Oksigen berdifusi masuk ke jaringan tubuh.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

68

21.Mochammad Raffi Reinanda

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Maria Aggie

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi secara .....

8

4.1

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia