Iklan

Iklan

Pertanyaan

Jelaskan apa yang dimaksud dengan proses difusi dan respirasi pada proses pertukaran gas!

Jelaskan apa yang dimaksud dengan proses difusi dan respirasi pada proses pertukaran gas! 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Difusi merupakanperistiwa pertukaran atau perpindahan molekul dari suatu daerah yang konsentrasi molekulnya tinggi ke daerah yang kosentrasi molekulnya rendah.Peristiwa difusi merupakan peristiwa pasif yang tidak memerlukan energi ekstra. Peristiwa difusi yang terjadi di dalam paru-paru adalah perpindahan molekul oksigen dari rongga alveoli melewati membran kapiler alveolar, kemudian melintasi plasma darah, selanjutnya menembus dinding sel darah merah dan akhirnya masuk ke interior sel darah merah sampai berikatan dengan hemoglobin. Respirasi merupakan proses kimia terkait dengan proses pertukaran gas yang terjadi pada sistem pernapasan. Respirasimenghasilkan energi dengan memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Proses respirasi umumnya memecah molekul gula sederhana menjadi karbon dioksida, uap air dan energi. Berkaitan dengan pertukaran gas, repirasi membantu proses bernapas.Bernapas merupakan proses mengambil oksigen ke dalam dan mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh.

Difusi merupakan peristiwa pertukaran atau perpindahan molekul dari suatu daerah yang konsentrasi molekulnya tinggi ke daerah yang kosentrasi molekulnya rendah. Peristiwa difusi merupakan peristiwa pasif yang tidak memerlukan energi ekstra. Peristiwa difusi yang terjadi di dalam paru-paru adalah perpindahan molekul oksigen dari rongga alveoli melewati membran kapiler alveolar, kemudian melintasi plasma darah, selanjutnya menembus dinding sel darah merah dan akhirnya masuk ke interior sel darah merah sampai berikatan dengan hemoglobin.

Respirasi merupakan proses kimia terkait dengan proses pertukaran gas yang terjadi pada sistem pernapasan. Respirasi menghasilkan energi dengan memecah molekul kompleks menjadi molekul yang lebih sederhana. Proses respirasi umumnya memecah molekul gula sederhana menjadi karbon dioksida, uap air dan energi. Berkaitan dengan pertukaran gas, repirasi membantu proses bernapas. Bernapas merupakan proses mengambil oksigen ke dalam dan mengeluarkan karbon dioksida dari tubuh. 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi secara .....

8

4.1

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia