Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan pengertian sejarah berikut.

  1. Sejarah adalah cerita yang tersusun secara sistematis (teratur dan rapi).
  2. Sejarah adalah ilmu yang menyelidiki perkembangan peristiwa dan kejadian-kejadian pada masa lampau.
  3. Sejarah adalah kejadian-kejadian/peristiwa-peristiwa yang berhubungan dengan manusia, yakni menyangkut perubahan yang nyata di dalam kehidupan manusia.

Sejarawan yang mengemukakan definisi sejarah tersebut adalah ...

  1. Sartono Kartodirjo.

  2. Taufik Abdullah.

  3. Mohammad Ali.

  4. lbnu Khaldun.

  5. Kuntowijoyo.

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sejarah merupakan suatu ilmu pengetahuan yang membahas tentang peristiwa, kejadian yang pernah terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. Berikut definisi sejarah menurut para ahli.

  1. Sartono Kartodirdjo membedakan sejarah ke dalam pengertian subjektif dan objektif. Dalam arti subjektif, sejarah merupakan sebuah konstruksi yang disusun penulis yang terdiri dari rangkaian fakta-fakta untuk menggambarkan gejala sejarah, baik proses maupun struktur. Adapun sejarah dalam arti objektif merujuk pada kejadian atau peristiwa itu sendiri.
  2. Taufik Abdullah mendefinisikan sejarah sebagai tindakan manusia dalam jangka waktu tertentu pada masa lampau yang dilakukan di tempat tertentu.
  3. Moh. Ali menyatakan bahwa kata sejarah mengandung arti sebagai erita yang tersusun secara sistematis (teratur dan rapi). Sejarah juga berarti sejumlah perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa dalam kenyataan di sekitar kita; cerita tentang perubahan, kejadian dan peristiwa yang merupakan realitas; serta ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan dan kejadian serta peristiwa yang merupakan realitas.
  4. lbnu Khaldun mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang umat manusia atau peradaban dunia dan tentang perubahan-perubahan yang terjadi pada watak masyarakat.
  5. Kuntowijoyo mengatakan bahwa sejarah adalah rekonstruksi masa lalu. la menyatakan bahwa sejarah menyuguhkan fakta secara diakronis, ideografis, unik, dan empiris. Sejarah bersifat diakronis karena berhubungan dengan waktu. Sejarah bersifat ideografis karena menggambarkan dan menceritakan sesuatu. Sejarah bersifat unik karena berisi hasil penelitian tentang hal unik yang hanya terjadi sekali. Adapun bersifat empiris artinya sejarah bersandar pada pengalaman manusia yang sungguh-sungguh terjadi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

1rb+

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Sejarah adalah ilmu yang bertugas menyelidiki perubahan-perubahan, kejadian-kejadian, dan peristiwa yang merupakan realitas dari masa lalu. Pernyataan tersebut merupakan pengertian sejarah menurut ......

7rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia