Roboguru

Perhatikan nama-nama kerajaan berikut. Melayu Singasari Tarumanagara Kalingga Sriwijaya Kerajaan-kerajaan yang bercorak Buddha ditunjukkan nomor ...

Pertanyaan

Perhatikan nama-nama kerajaan berikut.

  1. Melayu
  2. Singasari
  3. Tarumanagara
  4. Kalingga
  5. Sriwijaya

Kerajaan-kerajaan yang bercorak Buddha ditunjukkan nomor ...

  1. 1 ), 2), dan 3)

  2. 1 ), 3), dan 4)

  3. 1 ), 4), dan 5)

  4. 2), 3), dan 4)

  5. 3), 4), dan 5)

Pembahasan Soal:

Masuknya pengaruh ajaran hindu-budha ke Nusantara,berdampak pada terbentuknya beberapa kerajaan yang bercorak hindu maupun bercorak budha. Sebagai contoh kerajaan yang bercorak budha adalah Kerajaan Sriwijaya di Sumatra selatan, Kerajaan Kalingga di Jawa tengah dan Kerajaan Malayu di Semenanjung malaya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di bawah ini merupakan bukti-bukti yang menunjukkan perkembangan pendidikan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Pada periode Hindu-Buddha di Indonesia, telah terjadi perkembangan pendidikan dan kebudayaan yang pesat. Hal tersebut disebabkan oleh keterbukaan masyarakat dalam menerima perubahan serta kerja sama antar kerajaan yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dengan bangsa luar. Beberapa bukti adanya perkembangan pendidikan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia adalah catatan perjalanan Fa-Hien, catatan perjalanan I-Tsing, penemuan prasasti Nalanda, dan kerja sama antara Hui-Ning dan Jnanabadra dalam penerjemahan kitab agama Buddha. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. 

4

Roboguru

Kerajaan Hindu pertama di Indonesia adalah...

Pembahasan Soal:

Kerajaan Hindu dan Buddha di Nusantara mulai berkembang sejak abad IV hingga abad XIV. Adapun kerajaan-kerajaan tersebut meliputi :

  1. Kerajaan Kutai, becorak Hindu. Berdiri pada abad IV,
  2. Kerajaan Tarumanegara, bercorak Hindu. Berdiri pada abad V,
  3. Kerajaan Sriwijaya, bercorak Buddha. Berdiri pada abad VII,
  4. Kerajaan Mataram Hindu, bercorak Hindu (Dinasti Sanjaya) dan Buddha (Dinasti Syailendra). Berdiri pada abad VIII.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Kerajaan Hindu pertama di Indonesia, adalah ...

Pembahasan Soal:

Hindu Buddha diperkirakan masuk ke Nusantara pada abad ke-5 masehi, hal ini didasarkan pada temuan Tujuh Buah Prasasti Yupa di Kalimantan Timur. Adapun dengan temuan prasasti tersebut, yang di dalamnya bertuliskan aksara Pallawa dengan menggunakan bahasa Sanskerta, diketahui bahwa telah ada kerajaan di Kalimantan Timur, yakni Kutai Martadipura, tempat di mana prasasti itu ditemukan. Hal ini dipahami sebab isi dari ketujuh prasasti tersebut menyebutkan vaprakecvara (lapangan luas untuk pemujaan Hindu), dengan kata lain kerajaan ini sudah terpengaruh Hindu dan karenanya kerajaan ini bercorak Hindu. Selain itu, isi dalam prasasti ini juga menyebutkan silsilah raja-raja dari Raja Mulawarman, Raja Asmawarman dan Raja Kundungga. 

Jadi, opsi jawaban yang benar adalah B. 

0

Roboguru

Perhatikan nama-nama kerajaan di bawah ini: (1) Kutai, (2) Pajajaran (Sunda), (3) Melayu,  (4) Mataram Kuno, (5) Kalingga,  (6) Sriwijaya,  (7) Majapahit, Dari daftar kerajaan di atas, yang termasuk d...

Pembahasan Soal:

Hindu merupakan salah satu agama terbesar yang dianut oleh penduduk Indonesia. Perkembangan agama Hindu tidak lepas dari berdirinya kerajaan-kerajaan tradisional bercorak Hindu di Indonesia. Beberapa kerajaan tradisional tersebut diantaranya.

  1. Kerajaan Kutai, merupakan kerajaan Hindu tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai didirikan di tepi Sungai Mahakam, Kalimantan Timur, pada 400 Masehi. Terdapat tujuh buah yupa atau tugu batu yang dibuat oleh para brahmanan atas kedermawanan Mulawarman, raja dari Kerajaan Kutai saat itu yang memberikan 2.000 ekor sapi kepada kaum brahmana.
  2. Kerajaan Tarumanegara, merupakan kerajaan Hindu tertua di Jawa. Kerajaan Tarumanegara didirikan tahun 450 Masehi di Jawa Barat. Tarumanegara terdiri dari dua kata yaitu 'Taruma' dan 'Nagara'. Kata Tarum diambil dari nama sungai Citarum yang terletak di Jawa Barat sedangkan Nagara berarti kerajaan atau negara. Kerajaan Tarumanegara didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman yang sekaligus menjadi raja pertama, yang memimpin Tarumanegara sampai tahun 382 Masehi.
  3. Kerajaan Padjadjaran, kerajaan Hindu di Sunda yang pernah ada antara tahun 932 dan 1579 Masehi di bagian Barat pulau Jawa (Provinsi Banten, Jakarta, Jawa Barat, dan sebagian Jawa Tengah sekarang). Kerajaan ini bercorak Hindu, kemudian sekitar abad ke-14 diketahui kerajaan ini telah beribukota di Pakuan Pajajaran (Bogor) serta memiliki dua kawasan pelabuhan utama di Kalapa dan Banten.
  4. Kerajaan Mataram Kuno, berdiri pada abad ke-8 masehi. Kerajaan ini terletak di Jawa Tengah. Raja pertama dari kerajaan Mataram Kuno adalah Raja Sanjaya yang bergelar Rakai Mataram Sang Ratu Sanjaya. Bukti peninggalan sejarah dari kerajaan Mataram Kuno adalah candi, di antaranya: Candi Dieng dan Candi Prambanan.
  5. Kerajaan Majapahit, berdiri tahun 1293 M. Kerajaan ini mencapai puncak kejayaan saat kepemimpinan Raja Hayam Wuruk dan patihnya, Gajah Mada, pada 1293-1500 M. Pada abad ke-14 M, kejayaan Majapahit mulai memudar, puncaknya saat terjadi perang saudara (Perang Paregreg) tahun 1405-1406 M.

Oleh karena itu, jawaban yang paling benar adalah B.

0

Roboguru

Kekuatan integrasi wilayah Indonesia pada masa Hindu-Buddha dihubungkan oleh Kerajaan...

Pembahasan Soal:

Kerajaan-Kerajaan Hindu dan Buddha di Nusantara tersebar di seluruh wilayah di Nusantara. Selama periode Hindu Buddha, terdapat beberapa kerajaan yang memikili kekuatan dalam integrasi secara politik. Kekuatan tersebut dihubungkan dengan kebesaran Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Singasari, dan Kerajaan Majapahit. Hal ini karena ketiga kerajaan tersebut merupakan kerajaan yang sukses mengadakan kerjasama dengan kerajaan lain hingga ke negara Cina, India, dan Persia yang dihubungkan dengan jalur perdagangan oleh ketiganya. 

Dengan demikian, jawabannya adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved