Roboguru

Perhatikan nama daerah berikut! Kalimantan   M...

Perhatikan nama daerah berikut!

  1. Kalimantan  
  2. Madura
  3. Sulawesi
  4. Jawa
  5. Sumatra

Daerah yang oleh Jepang dirancang sebagai pusat seluruh operasi militer di Asia Tenggara dan sebagai sumber minyak utama ditunjukkan pada nomor ....

  1. 1) dan 2)

  2. 1) dan 3)

  3. 2) dan 3)

  4. 3) dan 4)

  5. 4) dan 5)

Jawaban:

Perang Pasifik, yang dimulai dengan pemboman Jepang atas Pearl Harbour tanggal 7 Desember 1941, juga berpengaruh besar terhadap gerakan kemerdekaan negara-negara di Asia Timur, termasuk Indonesia. Tujuan Jepang menyerang dan menduduki Hindia-Belanda adalah untuk menguasai sumber-sumber alam, terutama minyak bumi, guna mendukung potensi perang Jepang serta mendukung industrinya. Jawa dirancang sebagai pusat penyediaan bagi seluruh operasi militer di Asia Tenggara, dan Sumatera sebagai sumber minyak utama.
Penyerangan Jepang ke Hindia-Belanda, diawali dengan pendaratan tentara Jepang di Tarakan tanggal 10 Januari 1942. Balikpapan (Kalimantan) dan Kendari (Sulawesi) jatuh ke tangan tentara Jepang tanggal 24 Januari 1942, Ambon tanggal 4 Februari, Makasar tanggal 8 Februari, dan Banjarmasin tanggal 16 Februari. Bali diduduki tanggal 18 Februari, dan tanggal 24 Februari tentara Jepang telah menguasai Timor.

Dengan demikian, jawaban paling benar adalah E.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved