Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut!     Tahun 2019 adalah tahun yang penuh ketidakpastian akibat kebijakan ekonomi dan politik Amerika Serikat, baik melahtih perang dagang dengan Tiongkok dan berbagai negara lainnya, serta arah kebijakan bank sentral AS, The Fed. Selain itu, kondisi geopolitik di berbagai belahan dunia, termasuk Brexit, eskalasi ketegangan di Timur Tengah, dan belahan dunia lain menambah risiko ketidakpastian global. [....] Berbagai negara, termasuk Jerman dan Singapura, sempat mengalami kontraksi ekonomi. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan India juga mengalami pelemahan. Pertumbuhan ekonomi global selama 2019 merupakan yang terburuk sejak krisis keuangan global 2009.     Sebagai ekonomi yang terbuka, ketidakpastian global tersebut juga turut menekan pertumbuhan ekonomi Indonsia selama 2019 melalui jalur ekspor, impor, dan investasi. Namun, pertumbuhan  ekonomi Indonesia pada 2019 masih bertahan dan diperkiraan mencapai 5,1 %, tingkat yang relatif baik dibandingkan negara negara lain di dunia, khususnya diantara ekonomi G20. Daya tahan ekonomi Indonesia di tengah volatilitas ekonomi global menjadi fondasi kuat bagi optimisme memasuki 2020. Meskipun demikian, kita tidak boleh lengah dan harus tetap waspada. Akibat perang dagang AS-RRT, sektor manufaktur di berbagai negara masih konsisten berada di zona kontraksi, mengindikasikan masih adanya risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi ke depan. Pelemahan ekonomi dunia dan ketidakpastian geopolitlk juga menyebabkan harga komoditas yang cenderung tertekan sepanjang tahun 2019. Nilai tukar terhadap dolar Amerika di berbagai negara di dunia yang sempat bergejolak sepanjang 2018 serta sebagian 2019 mulai menunjukkan stabilitas dan cenderung menguat menjelang akhir 2019. Hal ini seiring dengan penurunan suku bunga di berbagai negara dan meningkatnya likuiditas global. Disadur dari: https://mediaindonesia.com/read/detail/280860-optimismedi-tengah-ciinamika-ekonom/-g/obal/, diunduh 5 Maret 2020. Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf kesatu tersebut adalah .. .

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut!


    Tahun 2019 adalah tahun yang penuh ketidakpastian akibat kebijakan ekonomi dan politik Amerika Serikat, baik melahtih perang dagang dengan Tiongkok dan berbagai negara lainnya, serta arah kebijakan bank sentral AS, The Fed. Selain itu, kondisi geopolitik di berbagai belahan dunia, termasuk Brexit, eskalasi ketegangan di Timur Tengah, dan belahan dunia lain menambah risiko ketidakpastian global. [....] Berbagai negara, termasuk Jerman dan Singapura, sempat mengalami kontraksi ekonomi. Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok dan India juga mengalami pelemahan. Pertumbuhan ekonomi global selama 2019 merupakan yang terburuk sejak krisis keuangan global 2009.

    Sebagai ekonomi yang terbuka, ketidakpastian global tersebut juga turut menekan pertumbuhan ekonomi Indonsia selama 2019 melalui jalur ekspor, impor, dan investasi. Namun, pertumbuhan  ekonomi Indonesia pada 2019 masih bertahan dan diperkiraan mencapai 5,1 %, tingkat yang relatif baik dibandingkan negara negara lain di dunia, khususnya diantara ekonomi G20. Daya tahan ekonomi Indonesia di tengah volatilitas ekonomi global menjadi fondasi kuat bagi optimisme memasuki 2020. Meskipun demikian, kita tidak boleh lengah dan harus tetap waspada. Akibat perang dagang AS-RRT, sektor manufaktur di berbagai negara masih konsisten berada di zona kontraksi, mengindikasikan masih adanya risiko perlambatan pertumbuhan ekonomi ke depan. Pelemahan ekonomi dunia dan ketidakpastian geopolitlk juga menyebabkan harga komoditas yang cenderung tertekan sepanjang tahun 2019. Nilai tukar terhadap dolar Amerika di berbagai negara di dunia yang sempat bergejolak sepanjang 2018 serta sebagian 2019 mulai menunjukkan stabilitas dan cenderung menguat menjelang akhir 2019. Hal ini seiring dengan penurunan suku bunga di berbagai negara dan meningkatnya likuiditas global.

Disadur dari: https://mediaindonesia.com/read/detail/280860-optimismedi-tengah-ciinamika-ekonom/-g/obal/, diunduh 5 Maret 2020.


Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf kesatu tersebut adalah .. .undefined 

  1. Untuk mendukung kebutuhan pendanaan pembangunan yang tinggi, dibutuhkan basis penerimaan negara yang kuat.undefined 

  2. Tantangan terbesar adalah menjaga optimisme konsumsi rumah tangga dan mengakselerasi investasi.undefined 

  3. Peringkat Ease of Doing Business semakin membaik dengan didukung implementasi reformasi struktural.undefined 

  4. Peristiwa itu mengakibatkan pertumbuhan ekonomi dan perdagangan dunia mengalami tekanan.undefined 

  5. Permintaan domestik akan menjadi kekuatan utama untuk menopang pertumbuhan ekonomi.undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pada kalimat sebelum bagian yang kosong menjelaskan sebuah peristiwa. Setelah bagian yang kosong berikutnya kalimat-kalimat tersebut menjelaskan akibat dari peristiwa yang digambarkan pada awal paragraf. Hal ini menyimpulkan bahwa kalimat yang kosong harus diisi dengan kalimat yang menggambarkan sebab akibat. Kalimat tersebut harus menggambarkan bahwa terdapat hubungan sebab akibat antara ketidakpastian kebijakan ekonomi Amerika Serikat dengan dampak kontraksi ekonomi bagi berbagai negara seperti Jerman dan Singapura. 

Maka, jawaban yang tepat adalah pilihan D. Peristiwa itu mengakibatkan pertumbuhan ekonomi dan perdagangan dunia mengalami tekanan.undefined 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Trihandayani

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Judul yang tepat sesuai dengan pengembangan kutipan di atas adalah ...

0

Roboguru

Ringkasan kutipan teks tersebut yang paling tepat adalah ...

0

Roboguru

Bacalah teks berikut! Gagasan utama : Manfaat gerakan literasi sekolah bagi siswa Gagasan penjelas :              Membiasakan siswa gemar membaca; Memotivasi siswa untuk lebih literat; Membaca...

0

Roboguru

Perhatikan kutipan teks berikut ! 1) Banjir, khususnya di Jakarta sudah sering terjadi, tetapi kita selalu tidak mau belajar dari pengalaman dan kesalahan. 2) Bahkan, ada yang menganggap banjir seba...

0

Roboguru

Isi atau pesan kutipan di atas adalah....

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved