Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut! Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita, diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi manusia. Berikut ini termasuk istilah terkait masalah lingkungan yang terdapat dalam kutipan teks di atas, yaitu ....

Perhatikan kutipan teks berikut!


Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita, diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi manusia.


Berikut ini termasuk istilah terkait masalah lingkungan yang terdapat dalam kutipan teks di atas, yaitu ....   

  1. penebangan hutan, punahnya flora dan fauna langka, dan kehancuran alam undefined  

  2. konsep pembangunan, penebangan hutan, dan pembakaran hutanundefined 

  3. pencemaran udara, pembakaran hutan, dan kehancuran alamundefined 

  4. penebangan hutan, punahnya flora dan fauna, dan bencana bagi manusiaundefined 

  5. pencemaran tanah, penebangan hutan, dan punahnya flora dan faunaundefined 

R. Septia

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A. undefined  

Pembahasan

Istilah merupakan sebuah kata atau gabungan kata yang mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam suatu bidang tertentu. Istilah terkait masalahlingkungan yang terdapat dalam kutipan teks di atas adalah penebangan hutan, punahnya flora dan fauna langka, dan kehancuran alam . Istilah pembakaran hutan, pencemaran udara, dan pencemaran tanah termasuk dalam istilah yang terkait dengan masalah lingkungan, tetapi tidak terdapat dalam teks di atas. Sementara itu,istilah konsep pembangunan dan bencana bagi manusia bukanistilah yang termasuk dalam masalahlingkungan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Istilah merupakan sebuah kata atau gabungan kata yang mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam suatu bidang tertentu. Istilah terkait masalah lingkungan yang terdapat dalam kutipan teks di atas adalah penebangan hutan, punahnya flora dan fauna langka, dan kehancuran alam.

Istilah pembakaran hutan, pencemaran udara, dan pencemaran tanah termasuk dalam istilah yang terkait dengan masalah lingkungan, tetapi tidak terdapat dalam teks di atas. Sementara itu, istilah konsep pembangunan dan bencana bagi manusia bukan istilah yang termasuk dalam masalah lingkungan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A. undefined  

5rb+

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut! (1) Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resa...

11rb+

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia