Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan teks berikut! (1) Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. (2) Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya pembangunan gedung-gedung bertingkat yang tidak menyediakan taman sebagai resapan air. (3) Hal ini diperparah juga dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. (4) Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan. Gagasan pokok dalam kutipan teks di atas adalah ...

Perhatikan kutipan teks berikut!


(1) Menurut tim ahli Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Air, penyebab utama banjir di Jakarta ialah pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. (2) Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya pembangunan gedung-gedung bertingkat yang tidak menyediakan taman sebagai resapan air. (3) Hal ini diperparah  juga dengan saluran drainase kota yang tidak terencana dan tidak terawat serta tumpukan sampah dan limbah di sungai. (4) Akhirnya, debit air hujan yang tinggi menyebabkan bencana banjir yang tidak terelakkan.


Gagasan pokok dalam kutipan teks di atas adalah ... space  

  1. Pembangunan gedung bertingkat menyebabkan banjir karena mengurangi daerah resapan air. space  

  2. Masyarakat mengabaikan fungsi daerah resapan dan tampungan air. space  

  3. Banjir di beberapa kota disebabkan oleh debit air hujan yang tinggi. space  

  4. Resapan air dan tampungan air yang diabaikan menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. space  

  5. Pemerintah kota perlu memperhatikan saluran drainase dan penataan daerah resapan air. space  

Iklan

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D. space  

Iklan

Pembahasan

Gagasan pokok merupakan ide yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Kutipan di atas membahas tentang penyebab utama banjir yang terjadi di Jakarta, yaitu pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Gagasan pokok pada kutipan di atas adalah Resapan air dan tampungan air yang diabaikan menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Hal tersebut dapat ditemukan pada kalimat pertama yang merupakan kalimat utama. Pilihan A bukan merupakan gagasan pokok karena bukan hanya pembangunan gedung bertingkat yang menyebabkan banjir, sedangkan pilihan B bukan termasuk gagasan pokok karena tidak sesuai dengan isi teks di atas. Pilihan C tidak termasuk gagasan pokok karena banjir yang disebabkan debit air yang tinggi terdapat di Jakarta, bukan di beberapa kota besar. Sementara itu, pilihan E bukan merupakan gagasan pokok, melainkan saran. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Gagasan pokok merupakan ide yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Kutipan di atas membahas tentang penyebab utama banjir yang terjadi di Jakarta, yaitu pembangunan kota yang mengabaikan fungsi daerah resapan air dan tampungan air. Gagasan pokok pada kutipan di atas adalah Resapan air dan tampungan air yang diabaikan menjadi penyebab utama banjir di Jakarta. Hal tersebut dapat ditemukan pada kalimat pertama yang merupakan kalimat utama. 

Pilihan A bukan merupakan gagasan pokok karena bukan hanya pembangunan gedung bertingkat yang menyebabkan banjir, sedangkan pilihan B bukan termasuk gagasan pokok karena tidak sesuai dengan isi teks di atas. Pilihan C tidak termasuk gagasan pokok karena banjir yang disebabkan debit air yang tinggi terdapat di Jakarta, bukan di beberapa kota besar. Sementara itu, pilihan E bukan merupakan gagasan pokok, melainkan saran. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D. space  

Latihan Bab

Mengenal Teks Eksposisi

Kebahasaan Teks Eksposisi

Analisis Teks Eksposisi

Menyusun Teks Eksposisi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

11rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut! Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya In...

5rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia