Pertanyaan

Perhatikan kutipan resensi berikut! Pelukis merasa benar-benar kehilangan, terutama saat dia tahu bahwa istrinya mati. Pelukis langsung pergi ke kantor sipil guna mengurusi penguburan istrinya, tetapi tak ada tanggapan positif dari pengusaha penguburan. Itu terjadi karena pelukis tak tahu apa-apa tentang istrinya. Ia hanya peduli tentang kecintaannya pada istrinya sehingga mayat istrinya terkatung-katung karena tak memiliki surat penguburan yang sah. Pelukis pun menghilang ketika dicari walikota (diangkat menjadi walikota setelah walikota pertama gantung diri karena tak bisa memecahkan masalah mengundang pelukis saat akan ada kunjungan tamu asing) yang ikut menghadiri penguburan istri pelukis. Berdasarkan kutipan resensi di atas, kata serapan yang diserap dengan cara adaptasi atau disesuaikan dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia terdapat pada kata ….

Perhatikan kutipan resensi berikut!

     Pelukis merasa benar-benar kehilangan, terutama saat dia tahu bahwa istrinya mati. Pelukis langsung pergi ke kantor sipil guna mengurusi penguburan istrinya, tetapi tak ada tanggapan positif dari pengusaha penguburan. Itu terjadi karena pelukis tak tahu apa-apa tentang istrinya. Ia hanya peduli tentang kecintaannya pada istrinya sehingga mayat istrinya terkatung-katung karena tak memiliki surat penguburan yang sah. Pelukis pun menghilang ketika dicari walikota (diangkat menjadi walikota setelah walikota pertama gantung diri karena tak bisa memecahkan masalah mengundang pelukis saat akan ada kunjungan tamu asing) yang ikut menghadiri penguburan istri pelukis.

 

Berdasarkan kutipan resensi di atas, kata serapan yang diserap dengan cara adaptasi atau disesuaikan dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia terdapat pada kata ….

  1. pelukis

  2. walikota

  3. istri

  4. tamu

  5. asing

N. Faizah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Suryakancana

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Unsur serapan merupakan salah satu unsur kebahasaan yang terdapat dalam sebuah resensi. Kata serapan merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam penulisan resensi. Menurut KBBI, kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa lain (bahasa asing atau bahasa daerah) berdasarkan kaidah bahasa penerima. Dalam hal ini tentu saja bahasa Indonesia. Umumnya, ada beberapa kaidah atau aturan yang berkaitan dengan penulisan unsur serapan, di antaranya Satu bunyi bahasa dilambangkan dengan satu huruf, kecuali untuk gabungan konsonan, seperti kh, ng, ng, ny, dan sy masing-masing melambangkan satu bunyi konsonan yang diwakili oleh dua huruf. Penulisan unsur serapan harus disesuaikan dengan cara pengucapan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Penulisan unsur serapan diupayakan agar tidak jauh berbeda dengan kata aslinya. Berdasarkan kutipan resensi di atas, kata serapan yang diserap dengan cara adaptasi atau disesuaikan dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia terdapat pada kata istri . Kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu strī yang memiliki arti wanita atau perempuan. Kemudian, kata tersebut disesuaikan dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia menjadi kata istri Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Unsur serapan merupakan salah satu unsur kebahasaan yang terdapat dalam sebuah resensi. Kata serapan merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam penulisan resensi. Menurut KBBI, kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa lain (bahasa asing atau bahasa daerah) berdasarkan kaidah bahasa penerima. Dalam hal ini tentu saja bahasa Indonesia. Umumnya, ada beberapa kaidah atau aturan yang berkaitan dengan penulisan unsur serapan, di antaranya

  1. Satu bunyi bahasa dilambangkan dengan satu huruf, kecuali untuk gabungan konsonan, seperti kh, ng, ng, ny, dan sy masing-masing melambangkan satu bunyi konsonan yang diwakili oleh dua huruf.
  2. Penulisan unsur serapan harus disesuaikan dengan cara pengucapan yang berlaku dalam bahasa Indonesia.
  3. Penulisan unsur serapan diupayakan agar tidak jauh berbeda dengan kata aslinya.

Berdasarkan kutipan resensi di atas, kata serapan yang diserap dengan cara adaptasi atau disesuaikan dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia terdapat pada kata istri. Kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta, yaitu strī yang memiliki arti wanita atau perempuan. Kemudian, kata tersebut disesuaikan dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia menjadi kata istri Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

50

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan resensi berikut! Akhirnya, sampailah petualangan intelektual, kultural, dan spiritual pasangan suami-istri Jean-Claude van Damme dan Arjuna ke tanah Sunda. Ini novel keenam karya...

17

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia