Pertanyaan

Perhatikan kutipan resensi berikut! Novel ini menyiratkan pesan kepada pembaca arti sebuah ketegaran, kekuatan menghadapi masalah, mandiri, dan menunjukkan esensi cantik yang sebenarnya. Novel tersebut dapat menjadi sebuah bacaan menarik yang sangat inspiratif. Kata-kata pada novel mudah dipahami sehingga pembaca tidak kesulitan mengikuti alur ceritanya. Selain itu, perwatakan tokoh mudah dipahami dan digambarkan secara jelas. Alur cerita mudah dipahami meski alur maju mundur, dan alur tersebutlah yang membuat kita menjadi semakin penasaran. Berdasarkan kutipan di atas, kata yang diserap dengan cara menyesuaikan pengucapannya ke dalam bahasa Indonesia terdapat pada kata ….

Perhatikan kutipan resensi berikut!

Novel ini menyiratkan pesan kepada pembaca arti sebuah ketegaran, kekuatan menghadapi masalah, mandiri, dan menunjukkan esensi cantik yang sebenarnya. Novel tersebut dapat menjadi sebuah bacaan menarik yang sangat inspiratif. Kata-kata pada novel mudah dipahami sehingga pembaca tidak kesulitan mengikuti alur ceritanya. Selain itu, perwatakan tokoh mudah dipahami dan digambarkan secara jelas. Alur cerita mudah dipahami meski alur maju mundur, dan alur tersebutlah yang membuat kita menjadi semakin penasaran.

 

Berdasarkan kutipan di atas, kata yang diserap dengan cara menyesuaikan pengucapannya ke dalam bahasa Indonesia terdapat pada kata ….

  1. cantik

  2. menarik

  3. inspiratif

  4. mandiri

  5. kekuatan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

Pembahasan

Kata serapan merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam penulisan resensi. Menurut KBBI, kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa lain (bahasa asing atau bahasa daerah) berdasarkan kaidah bahasa penerima. Dalam hal ini tentu saja bahasa Indonesia. Umumnya, ada beberapa kaidah atau aturan yang berkaitan dengan penulisan unsur serapan, di antaranya Satu bunyi bahasa dilambangkan dengan satu huruf, kecuali untuk gabungan konsonan, seperti kh, ng, ng, ny, dan sy masing-masing melambangkan satu bunyi konsonan yang diwakili oleh dua huruf. Penulisan unsur serapan harus disesuaikan dengan cara pengucapan yang berlaku dalam bahasa Indonesia. Penulisan unsur serapan diupayakan agar tidak jauh berbeda dengan kata aslinya. Berdasarkan penjelasan di atas, kata yang diserap dengan cara menyesuaikan pengucapannya ke dalam bahasa Indonesia terdapat pada kata inspiratif. Kata tersebut berasal dari bahasa asing, yaitu inspirative dan disesuaikan dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia menjadi inspiratif. Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

Kata serapan merupakan salah satu kaidah kebahasaan yang digunakan dalam penulisan resensi. Menurut KBBI, kata serapan adalah kata yang diserap dari bahasa lain (bahasa asing atau bahasa daerah) berdasarkan kaidah bahasa penerima. Dalam hal ini tentu saja bahasa Indonesia. Umumnya, ada beberapa kaidah atau aturan yang berkaitan dengan penulisan unsur serapan, di antaranya

  1. Satu bunyi bahasa dilambangkan dengan satu huruf, kecuali untuk gabungan konsonan, seperti kh, ng, ng, ny, dan sy masing-masing melambangkan satu bunyi konsonan yang diwakili oleh dua huruf.
  2. Penulisan unsur serapan harus disesuaikan dengan cara pengucapan yang berlaku dalam bahasa Indonesia.
  3. Penulisan unsur serapan diupayakan agar tidak jauh berbeda dengan kata aslinya.

Berdasarkan penjelasan di atas, kata yang diserap dengan cara menyesuaikan pengucapannya ke dalam bahasa Indonesia terdapat pada kata inspiratif. Kata tersebut berasal dari bahasa asing, yaitu inspirative dan disesuaikan dengan pengucapan dalam bahasa Indonesia menjadi inspiratif. Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

50

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan resensi berikut! Akhirnya, sampailah petualangan intelektual, kultural, dan spiritual pasangan suami-istri Jean-Claude van Damme dan Arjuna ke tanah Sunda. Ini novel keenam karya...

17

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia