RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan kutipan novel berikut!     Tiba-tiba ia berdiri dan mendadak menggebrak meja dan berdentum seperti meriam suaranya, "Verdomme! Saya pernah melihat kau. Siapa kau? Dan jangan bohong kepada Mayoor Verbruggen, tahu anak kelinci! Ya, kau anak kelinci. Verdomme"! ya, kau anak kelinci.”     Aku terkejut juga mendadak diroket kerongkongannya yang harus kuakui sangat berwibawa dan mengerikan. Tetapi aku tak gentar, sebab aku merasa pasti akan perkaranya.     "Kalau Mayoor jngin tahu namaku, harap kedua tanganku dibebaskan dulu."     "Benar-benar tidak tahu sopan santun kau, ya. Apa hubungannya dengan kedua tanganmu? Sakit, anak kelinci?" dan ia tersenyum ironis. Dikutip dari: Y. B. Mangunwijaya, Surung-Burung Manyar, Jakarta, Penerbit Buku Kompas, 2014 Tokoh aku dalam kutipan tersebut memiliki watak ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan novel berikut!


    Tiba-tiba ia berdiri dan mendadak menggebrak meja dan berdentum seperti meriam suaranya, "Verdomme! Saya pernah melihat kau. Siapa kau? Dan jangan bohong kepada Mayoor Verbruggen, tahu anak kelinci! Ya, kau anak kelinci. Verdomme"! ya, kau anak kelinci.”
    Aku terkejut juga mendadak diroket kerongkongannya yang harus kuakui sangat berwibawa dan mengerikan. Tetapi aku tak gentar, sebab aku merasa pasti akan perkaranya.
    "Kalau Mayoor jngin tahu namaku, harap kedua tanganku dibebaskan dulu."
    "Benar-benar tidak tahu sopan santun kau, ya. Apa hubungannya dengan kedua tanganmu? Sakit, anak kelinci?" dan ia tersenyum ironis.

Dikutip dari: Y. B. Mangunwijaya, Surung-Burung Manyar, Jakarta, Penerbit Buku Kompas, 2014


Tokoh aku dalam kutipan tersebut memiliki watak ....undefined 

  1. egoistis

  2. beraniundefined 

  3. angkuhundefined 

  4. wibawaundefined 

  5. sombongundefined 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

Pembahasan

Sifat tokoh disebut juga watak tokoh. Sifat tokoh dalam teks fiksi merupakan cara pengarang dalam memerankan tokoh-tokohnya dalam cerita. Watak  tokoh dapat disimpulkan dari penggambaran fisik, penggambaran tindakan tokoh, dialog tokoh, monolog, atau komentar/narasi penulis terhadap tokoh. Sifat tokoh aku, dibuktikan pada kalimat Tetapi aku tak gentar, sebab aku merasa pasti akan perkaranya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined 

712

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan contoh kutipan novel Ronggeng Dukuh Paruk berikut ini! Ronggeng Dukuh Paruk Karya Ahmad Tohari Sumber: Dokumen pribadi     Sebelas tahun yang lalu ketika Srintil masih bayi. Dukuh Pa...

3rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia