Roboguru

Perhatikan kutipan novel berikut! Hari itu dia memutuskan untuk mengendap-endap masuk lagi. Dia punya kunci ruangan tersebut. Beberapa bulan silam, saat Pasat disuruh menggandakannya di tukang k

Perhatikan kutipan novel berikut!


    Hari itu dia memutuskan untuk mengendap-endap masuk lagi. Dia punya kunci ruangan tersebut. Beberapa bulan silam, saat Pasat disuruh menggandakannya di tukang kunci yang mangkal di terminal, Rehan memaksanya membuat duplikat. Rehan mengancam Pasat agar tidak mengadu. 
    Masih pagi. Setahun silam, waktu itu cahaya matahari pagi yang lembut menelusup sela-sela krei. Satu-dua menimpa wajah Rehan yang menyeringai senang. Rehan sedang asyik membuka laci tempat dia menemukan amplop-amplop sumbangan seminggu lalu. Kosong! Tidak ada walau selembar amplop. Dia menghela napas kecewa. Mungkin dipindahkan ke laci lain. Rehan memutuskan untuk mengaduk seluruh isi ruangan. Melakukan penggeledahan. 

Dikutip dari: Darwis Tere Liye, Rembulan Tengelam di Wajahmu, Jakarta, Republika, 2009 


Unsur intrinsik yang menonjol dalam kutipan novel tersebut adalah.... 
 

  1. tema space

  2. alur space

  3. penokohan space

  4. latar space

  5. sudut pandang space

Jawaban:

Pembahasan 

Penokohan adalah pelukisan gambaran yang jelas tentarrg seseorang dalam sebuah cerita, berkaitan dengan pelaku dan watak pelaku.

Unsur intrinsik yang menonjol pada kutipan novel adalah penokohan
Bukti :  Pada paragraf kesatu menggambarkan tokoh rahan yaitu suka memaksa terdapat pada kaliam "...Rehan memaksanya membuat duplikat. Rehan mengancam Pasat agar tidak mengadu".

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved