RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan kutipan novel berikut!       (1) Sore itu, aku datangi sebuah panti asuhan di Jalan Nilem. (2) Aku kais-kais lembar terakhir isi dompetku dan aku serahkan ke bapak pengurus panti itu. (3) Dia tersenyum sejuk, lalu menyalamiku lama sekali. (4) Matanya terpejam sambil khusyuk mendoakan aku. (5) Aku merinding didoakan seperti itu hanya karena menyumbang 7 ribu rupiah.     (6) Ada aliran hawa yang hangat mengalir di dadaku, melihat anak-anak yatim mengendap-endap dan tersenyum malu-malu dari balik pintu panti asuhan ini. (7) Dalam hati, aku berniat akan datang ke sini teratur, dan mungkin akan memilih salah satu dari mereka sebagai adik asuhku. (8) Lamat-lamat, pelajaran di PM muncul lagi di kepalaku. (9) Bahwa sedekah terbaik itu dilakukan di kala kesusahan, bukan di kala senang saja. (Dikutip dari Ranah 3 Warna, Ahmad Fuadi) Bukti bahwa kutipan di atas mengandung nilai moral adalah kalimat nomor ....

Pertanyaan

Perhatikan kutipan novel berikut!
 

    (1) Sore itu, aku datangi sebuah panti asuhan di Jalan Nilem. (2) Aku kais-kais lembar terakhir isi dompetku dan aku serahkan ke bapak pengurus panti itu. (3) Dia tersenyum sejuk, lalu menyalamiku lama sekali. (4) Matanya terpejam sambil khusyuk mendoakan aku. (5) Aku merinding didoakan seperti itu hanya karena menyumbang 7 ribu rupiah.

    (6) Ada aliran hawa yang hangat mengalir di dadaku, melihat anak-anak yatim mengendap-endap dan tersenyum malu-malu dari balik pintu panti asuhan ini. (7) Dalam hati, aku berniat akan datang ke sini teratur, dan mungkin akan memilih salah satu dari mereka sebagai adik asuhku. (8) Lamat-lamat, pelajaran di PM muncul lagi di kepalaku. (9) Bahwa sedekah terbaik itu dilakukan di kala kesusahan, bukan di kala senang saja.

(Dikutip dari Ranah 3 Warna, Ahmad Fuadi)


Bukti bahwa kutipan di atas mengandung nilai moral adalah kalimat nomor ....undefined 

  1. (1) dan (6)undefined 

  2. (3) dan (7)undefined undefined 

  3. (2) dan (9)undefined 

  4. (4) dan (5)undefined 

  5. (6) dan (8)undefined 

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan

Dalam sebuah novel, terdapat unsur intrinsik dan ekstrinsik. Salah satu unsur ekstrinsik dalam novel adalah adanya nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Nilai-nilai tersebut di antaranya nilai agama, nilai sosial, nilai moral, nilai budaya, nilai ekonomi, dan lainnya.

Pada kutipan novel di atas, terdapat salah satu nilai yang berlaku di masyarakat, yaitu nilai moral. Nilai moral yang terdapat pada kutipan novel di atas adalah memberikan uang kepada orang yang membutuhkan, bersalaman sebagai tanda terima kasih, dan peduli kepada anak-anak di panti asuh. Bukti bahwa kutipan di atas mengandung nilai moral terdapat pada kalimat nomor (2), (3), dan (7). 

  • Kalimat (2) menggambarkan tokoh aku yang memberikan uang kepada bapak panti walaupun uang yang diberikannya hanya sebesar 7 ribu rupiah.
  • Kalimat (3) menggambarkan sikap bapak panti yang berterima kasih kepada tokoh aku dengan cara menyalami tokoh aku.
  • Kalimat (7) tokoh aku juga berempati kepada anak-anak di panti asuhan dan berniat untuk mengangkat salah satu anak di panti asuhan sebagai adik asuhnya.


Selain ketiga kalimat tersebut, kalimat (5) dan (6) menggambarkan perasaan tokoh. Kalimat (1) dan (8) tidak memuat nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Sementara itu, kalimat (4) dan (9) termasuk dalam nilai keagamaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

16

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Kutipan berikut yang sesuai dengan peribahasa air tenang menghanyutkan adalah ...

26

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia