Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan buku berikut ! Suatu hari ia heran ketika salah seorang teman sekelasnya, Nita, tidak juga keluar kelas saat istirahat. Meja Nita agak jauh dari meja Nurul. Tapi Nurul langsung bisa merasakan ada yang aneh. Dengan sudut matanya, Nurul melihat Nita berkali-kali membuka tasnya, tangannya seperti sedang mengaduk-aduk isinya, lalu membungkuk seperti mencari-cari sesuatu di bawah meja dan kursi. Setelah itu, Nita menutup mukanya. Tidak ada suara yang keluar. Tapi kelihatan pundaknya berguncang-guncang. Nurul mendekati, lalu duduk di sebelah Nita. Ada apa?" tanya Nurul. Nita membuka tangannya yang menutupi muka, lalu menoleh. Benar, air matanya mengucur. Ia mencoba menghapus air matanya dan menahan isakannya. "Bukuku ... hilang," kata Nita setelah isaknya mereda. "Buku apa?" “Buku catatan." Nurul mencoba menatap sekeliling ke bawah meja-meja, siapa tahu buku Nita jatuh. "Tak ketinggalan di rumah, kan?'' "Tidak. Tadi aku letakkan di atas meja, Waktu bel istirahat berbunyi, aku langsung ke toilet dulu karena kebelet pipis. Begitu balik ke sini, sudah hilang. Aku sudah tanya Rosi, dia nggak tahu." Rosi adalah teman sebangku Nita. ... Nita nyaris menangis lagi ketika muncul Rio di pintu sambil setengah berlari. Didekatinya Nita di mejanya. Ada buku di tangannya. Buku catatan Nita. "Maafin aku, Nit, kata Rio. "Tadi aku mau pinjam bukti kamu, tapi kamu nggak ada. Takut kamu kelamaan, aku bawa dulu." "Emang buat apa kamu pinjam buku Nita?" “Aku tidak sempat mencatat dari awal. Jadi aku fotokopi punya Nita." Dikutip dari: Hermawan Aksan, "Membantu Mencari Barang Hilang" dalam Jujur Pangkal Kaya Sekumpulan Kisah Remaja untuk Pend/Pikan Antikorups i, Bandung, Nuansa Cendikia, 2016 Tentukan amanat yang terdapat dalamkutipan buku tersebut!

Perhatikan kutipan buku berikut!


    Suatu hari ia heran ketika salah seorang teman sekelasnya, Nita, tidak juga keluar kelas saat istirahat. Meja Nita agak jauh dari meja Nurul. Tapi Nurul langsung bisa merasakan ada yang aneh.

    Dengan sudut matanya, Nurul melihat Nita berkali-kali membuka tasnya, tangannya seperti sedang mengaduk-aduk isinya, lalu membungkuk seperti mencari-cari sesuatu di bawah meja dan kursi.

    Setelah itu, Nita menutup mukanya. Tidak ada suara yang keluar. Tapi kelihatan pundaknya berguncang-guncang. Nurul mendekati, lalu duduk di sebelah Nita.

     Ada apa?" tanya Nurul.

    Nita membuka tangannya yang menutupi muka, lalu menoleh. Benar, air matanya mengucur. Ia mencoba menghapus air matanya dan menahan isakannya.

    "Bukuku ... hilang," kata Nita setelah isaknya mereda.

    "Buku apa?"

    “Buku catatan."

    Nurul mencoba menatap sekeliling ke bawah meja-meja, siapa tahu buku Nita jatuh. "Tak ketinggalan di rumah, kan?''

    "Tidak. Tadi aku letakkan di atas meja, Waktu bel istirahat berbunyi, aku langsung ke toilet dulu karena kebelet pipis. Begitu balik ke sini, sudah hilang. Aku sudah tanya Rosi, dia nggak tahu." Rosi adalah teman sebangku Nita.

...

    Nita nyaris menangis lagi ketika muncul Rio di pintu sambil setengah berlari. Didekatinya Nita di mejanya. Ada buku di tangannya. Buku catatan Nita.

    "Maafin aku, Nit, kata Rio. "Tadi aku mau pinjam bukti kamu, tapi kamu nggak ada. Takut kamu kelamaan, aku bawa dulu."

    "Emang buat apa kamu pinjam buku Nita?"

    “Aku tidak sempat mencatat dari awal. Jadi aku fotokopi punya Nita."

Dikutip dari: Hermawan Aksan, "Membantu Mencari Barang Hilang" dalam Jujur Pangkal Kaya Sekumpulan Kisah Remaja untuk Pend/Pikan Antikorupsi, Bandung, Nuansa Cendikia, 2016


Tentukan amanat yang terdapat dalam kutipan buku tersebut! 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Iklan

R. Trihandayani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

amanat yang sesuai adalah jangan meminjam sesuatu jika yang memiliki barang belum mengizinkan.

amanat yang sesuai adalah jangan meminjam sesuatu jika yang memiliki barang belum mengizinkan.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Amanat merupakan pesan yang hendak disampaikan. Cerita tersebut merupakan cerita kehidupan anak sekolah, di dalamkutipan tersebut terdapat konflik antara Nita dan Rio. Nita meninggalkan bukunya di atas meja, Rio yang ingin meminjam buku Nita langsung mengambilnya dari atas meja Nita tanpa sepengetahuan Nita. Hal tersebut membuat Nita bersedih karena mengira bukunya hilang, padahal dipinjam oleh Rio. Jadi, amanat yang sesuai adalah jangan meminjam sesuatu jika yang memiliki barang belum mengizinkan.

Amanat merupakan pesan yang hendak disampaikan.

Cerita tersebut merupakan cerita kehidupan anak sekolah, di dalam kutipan tersebut terdapat konflik antara Nita dan Rio. Nita meninggalkan bukunya di atas meja, Rio yang ingin meminjam buku Nita langsung mengambilnya dari atas meja Nita tanpa sepengetahuan Nita. Hal tersebut membuat Nita bersedih karena mengira bukunya hilang, padahal dipinjam oleh Rio. 

Jadi, amanat yang sesuai adalah jangan meminjam sesuatu jika yang memiliki barang belum mengizinkan.

Latihan Bab

Mengenal Novel

Unsur Intrinsik Novel

Unsur Ekstrinsik Novel

Kebahasaan Novel

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

137

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pesan moral yang terkandung dalam kutipan novel tersebut yaitu....

694

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia