Roboguru

Perhatikan kutipan buku atau naskah drama berikut!       Bapak melangkah ke arah pintu terus membukanya. Muncullah Pelamar I mengenakan pakaian lengkap berdasii mentereng. Pelamar I menghormat dengan membungkukkan badan. Sambill senyum menjabat salam Bapak dengan kedua tangannya. Bapak: Selamat datang! Pelamar I: Maafkan saya. Bapak: Ah, tak mengapa! Silakan duduk. Yang penting Anda hari ini telah datang memenuhi janji. Terlambat sepuluh menlt saja tak kuperhitungkan karena aku tidak bisa mengikat diri pada perputaran menit dan detik. Pelamar I: Terima kasih. Dikutip dari: B. Soelarto, Domba-Domba Revolsi: Kumpulan Drama, Yogyakarta, Hikayat, 2006 Susunlah tulisan refleksi berdasarkan nilai-nilai dalam kutipan drama tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan kutipan buku atau naskah drama berikut!

 

    Bapak melangkah ke arah pintu terus membukanya. Muncullah Pelamar I mengenakan pakaian lengkap berdasii mentereng. Pelamar I menghormat dengan membungkukkan badan. Sambill senyum menjabat salam Bapak dengan kedua tangannya.
Bapak: Selamat datang!
Pelamar I: Maafkan saya.
Bapak: Ah, tak mengapa! Silakan duduk. Yang penting Anda hari ini telah datang memenuhi janji. Terlambat sepuluh menlt saja tak kuperhitungkan karena aku tidak bisa mengikat diri pada perputaran menit dan detik.
Pelamar I: Terima kasih.

Dikutip dari: B. Soelarto, Domba-Domba Revolsi: Kumpulan Drama, Yogyakarta, Hikayat, 2006


Susunlah tulisan refleksi berdasarkan nilai-nilai dalam kutipan drama tersebut!space 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

    Ada sesuatu yang sangat berharga di dalam hidup ini, tetapi seringkali tidak kita hargai. Ialah waktu sesuatu yang berharga itu. Waktu adalah sesuatu yang tidak bisa kembali dan tidak bisa tergantikan. Maka waktu adalah aset yang sangat berharga bagi manusia. Berharganya nilai sebuah waktu lantaran ia adalah wadah bagi aktivitas manusia. Tanpa waktu, sebanyak apa pun materi dan potensi yang kita miliki akan sia-sia.
    Banyak hal yang tak pernah dijanjikan oleh waktu, sesuatu yang tak terduga yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya yang terjadi tanpa kita tahu kapan, misalnya kematian. Begitulah waktu, selain sangat berharga, juga merupakan misteri.
    Jika waktu begitu berharga, apakah kita sudah memanfaatkan waktu dengan baik? Apakah kita sudah meluangkan waktu dengan baik untuk hal yang penting dan berharga bagi hidup kita?undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved