Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut! Tentu saja yang dituliskan di atas adalah gejala-gejala atau kecenderungan yang sengaja dibuat hitam putih untuk penyederhanaan. Kelekatan kata dengan imaji adalah suatu yang niscaya, jadi memisahkan satu dengan yang lainnya tidak segampang membedakan toilet pria dan toilet perempuan. Juga hendaknya diingat sajak gelap ataupun sajak terang tidak langsung berkaitan dengan mutu, sebagaimana mutiara hitam dan putih adalah sama-sama mutiara. Di samping itu, elaborasi pada kata-kata saja bisa pula menimbulkan sajak yang gelap. Kutipan di atas merupakan bagian dari sistematika esai, yaitu ....

Perhatikan kutipan berikut!


Tentu saja yang dituliskan di atas adalah gejala-gejala atau kecenderungan yang sengaja dibuat hitam putih untuk penyederhanaan. Kelekatan kata dengan imaji adalah suatu yang niscaya, jadi memisahkan satu dengan yang lainnya tidak segampang membedakan toilet pria dan toilet perempuan. Juga hendaknya diingat sajak gelap ataupun sajak terang tidak langsung berkaitan dengan mutu, sebagaimana mutiara hitam dan putih adalah sama-sama mutiara. Di samping itu, elaborasi pada kata-kata saja bisa pula menimbulkan sajak yang gelap.


Kutipan di atas merupakan bagian dari sistematika esai, yaitu ....space 

  1. pernyataan pendapatspace 

  2. tesisspace 

  3. argumentasispace 

  4. penegasan ulangspace 

  5. abstrakspace 

Iklan

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.space 

Iklan

Pembahasan

Kutipan di atas merupakan bagian dari sistematika esai, yaitu penegasan ulang. Pada bagian penegasan ulang pada sistematika esai menyajikan ringkasan atau pengulangan kembali hal yang sudah disampaikan dan menjadi penegasan dari bagian argumentasi. Kutipan di atas berisi ringkasan atau pengulangan kembali hal yang sudah disampaikan mengenai sajak-sajak cerah. Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

Kutipan di atas merupakan bagian dari sistematika esai, yaitu penegasan ulang. Pada bagian penegasan ulang pada sistematika esai menyajikan ringkasan atau pengulangan kembali hal yang sudah disampaikan dan menjadi penegasan dari bagian argumentasi. Kutipan di atas berisi ringkasan atau pengulangan kembali hal yang sudah disampaikan mengenai sajak-sajak cerah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.space 

Latihan Bab

Mengenal Kritik Sastra dan Esai

Kebahasaan Kritik Sastra dan Esai

Menganalisis Kritik Sastra dan Esai

Menyusun Kritik Sastra dan Esai

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan berikut! Elaborasi terhadap kata-kata yang marak dilakukan oleh para penyair di tahun 1970-an. Berbagai upaya pembebasan kata serta pemanfaatan musikalitas serta kandungan nuan...

30

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia