Pertanyaan

Di bawah ini yang merupakan kutipan berisi pernyataan umum (tesis) pada esai adalah ...

Di bawah ini yang merupakan kutipan berisi pernyataan umum (tesis) pada esai adalah ...

  1. Membaca sajak bisa dianggap membaca suatu teks yang cerai-berai dan pecah-belah. Teori gestalt adalah angin yang sudah lalu. Tidak heran kalau sajak bisa jadi gelap. Minim pintu, arah, tanda, dan isyarat yang diberikan pada pembaca untuk menciptakan sesuatu yang masuk hati dan akal sehat.

  2. Tentu saja yang dituliskan di atas adalah gejala-gejala atau kecenderungan yang sengaja dibuat hitam putih untuk penyederhanaan. Kelekatan kata dengan imaji adalah suatu yang niscaya, jadi memisahkan satu dengan yang lainnya tidak segampang membedakan toilet pria dan toilet perempuan. Juga hendaknya diingat sajak gelap ataupun sajak terang tidak langsung berkaitan dengan mutu, sebagaimana mutiara hitam dan putih adalah sama-sama mutiara. Di samping itu, elaborasi pada kata-kata saja bisa pula menimbulkan sajak yang gelap.

  3. Sajak sebagai kesatuan dari berbagai imaji yang saling mendukung dalam suatu kesatuan, kurang dihiraukan. Imaji-imaji tidak diupayakan saling bahu-membahu untuk mengarah pada suatu pemusatan (fokus). Agaknya ada pengaruh pandangan posmo yang sedang populer waktu itu. Yang penting kehadiran berbagai imaji walau hanya sesaat, artinya boleh dihapus oleh imaji sebelumnya atau berikutnya.

  4. Elaborasi terhadap kata-kata yang marak dilakukan oleh para penyair di tahun 1970-an. Berbagai upaya pembebasan kata serta pemanfaatan musikalitas serta kandungan nuansa kata didapat dari akar tradisi. Di awal tahun 1980-an mulai dianggap selesai atau telah sampai pada titik jenuh. Tahun 1980-an perhatian utama para penyair cenderung beralih pada imaji.

  5. Dalam bentuk yang ekstrem, sajak seakan membiarkan pembaca memilih imaji-imaji atau larik-larik atau bait-bait mana yang penting, dan selebihnya boleh dianggap sebagai intro, epilog, atau ornamen, yang bisa pula dibuang atau tak dibaca. Mitos bahwa setiap kata dalam sajak adalah penting dan tidak bisa diabaikan atau dihapus, tidak lagi dipercayai.

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Sistematika penulisan esai, yaitu sebagai berikut. Pernyataan pendapat, pendapat atau tesis menyajikan pandangan penulis terhadap objek atau fenomena yang disoroti. Argumentasi, argumentasi yang disajikan berupa alasan yang logis serta bersifat subjektif. Penegasan ulang, penegasan ulang dalam kritik dapat berupa ringkasan atau pengulangan kembali hal yang sudah disampaikan dan menjadi penegasan dari bagian argumentasi. Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan berisi pernyataan umum (tesis) pada esai terdapat pada pilihan jawaban D.

Sistematika penulisan esai, yaitu sebagai berikut.

  1. Pernyataan pendapat, pendapat atau tesis menyajikan pandangan penulis terhadap objek atau fenomena yang disoroti.
  2. Argumentasi, argumentasi yang disajikan berupa alasan yang logis serta bersifat subjektif.
  3. Penegasan ulang, penegasan ulang dalam kritik dapat berupa ringkasan atau pengulangan kembali hal yang sudah disampaikan dan menjadi penegasan dari bagian argumentasi.


Berdasarkan penjelasan di atas, kutipan berisi pernyataan umum (tesis) pada esai terdapat pada pilihan jawaban D.

66

Iklan

Pertanyaan serupa

Penggunaan kajian teori pada esai adalah ....

288

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia