Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut! Selalu ada rintisan, kesunyian yang jumud dan musim yang buruk. Sebuah kampung yang buruk. Sebuah kampung selalu tak bisa memilih untuk memiliki cerita yang baru, cerita yang lain. Waktu seolah hanya berjalan bertingkat dari semak ke semak, merambat dari tepian yang panjang, tak berkesudahan. Bahkan, waktu tampak lebih banyak berdiam di akar-akar kelapa. Seperti seorang renta yang menunggu, entah telah berapa lama. Berdiam untuk waktu yang tak dapat diduga ujungnya, adalah kematian. Jika banyak orang kota ingin kembali ke kampung, itu hanya sejenak. Mudik saat lebaran, ziarah saat ada kematian, menjenguk keluarga dekat yang sakit, atau karena suatu urusan yang sangat penting. Sebuah romantisme yang terkadang bangkit hanya untuk berlari dari sebuah kejenuhan, atau sebuah formalitas terkadang merasa berdosa jika dilingkari dan dijauhi. Dikutip dari: Marhalim Aini, Hikayat Kampung Zat, Yogyakarta, Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, 2007 Kalimat kritik yang sesuai kutipan, tersebut adalah...

Perhatikan kutipan berikut!

Selalu ada rintisan, kesunyian yang jumud dan musim yang buruk. Sebuah kampung yang buruk. Sebuah kampung selalu tak bisa memilih untuk memiliki cerita yang baru, cerita yang lain. Waktu seolah hanya berjalan bertingkat dari semak ke semak, merambat dari tepian yang panjang, tak berkesudahan. Bahkan, waktu tampak lebih banyak berdiam di akar-akar kelapa. Seperti seorang renta yang menunggu, entah telah berapa lama. Berdiam untuk waktu yang tak dapat diduga ujungnya, adalah kematian. Jika banyak orang kota ingin kembali ke kampung, itu hanya sejenak. Mudik saat lebaran, ziarah saat ada kematian, menjenguk keluarga dekat yang sakit, atau karena suatu urusan yang sangat penting. Sebuah romantisme yang terkadang bangkit hanya untuk berlari dari sebuah kejenuhan, atau sebuah formalitas terkadang merasa berdosa jika dilingkari dan dijauhi.

Dikutip dari: Marhalim Aini, Hikayat Kampung Zat, Yogyakarta, Balai Kajian dan Pengembangan Budaya Melayu, 2007

Kalimat kritik yang sesuai kutipan, tersebut adalah...

  1. Cerpen sulit dipahami karena menggunakan kosakata yang sulit dan mementingkan keindahan

  2. Cerpentersebut merupakan cerpen bertema protes sosial

  3. Cerita dalam cerpen itu kurang menarik karena jalan ceritanya tidak jelas

  4. Penyajian masalah dalam cerita tidak ditamoilkan secara jelas

  5. Tokoh dalam cerita tidak digambarkan secara konkret.

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kalimat kritik yang sesuai berdasarkan keseluruhan isi kutipan tersebut yaitu mengani pemilihan kata yang sulit dipahami karena hampir keseluruhan isinya menggunakna kosakata yang tersirat.

Kalimat kritik yang sesuai berdasarkan keseluruhan isi kutipan tersebut yaitu mengani pemilihan kata yang sulit dipahami karena hampir keseluruhan isinya menggunakna kosakata yang tersirat.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

55

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Cermati paragraf esai berikut! Pimpinan merupakan titik sentral dalam sebuah organisasi. Tanpa ada kepemimpinan, sebuah organisasi tidak akan berjalan sesuai dengan harapan. Tanpa kepemimpinan dan ...

5

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia