Roboguru

Perhatikan kutipan berikut!     Pandemi covid-19 diperkirakan akan berdampak pada melemahnya perekonomian dunia. Bahkan proyeksi banyak pihak, kondisi perekonomian global 2020 akan mengulangi krisis keuangan pada 2008. Dua belas tahun lalu, krisis keuangan global telah menyebabkan perlambatan ekonomi global secara signifikan. Merujuk data Bank Dunia saat ini, pertumbuhan ekonomi global ialah 1,851%.     Di tengah kegelisahan banyak pihak terhadap perekonomian dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya, BPS merilis data peningkatan ekspor. Pada data yang dirilis BPS, nilai ekspor Indonesia pada Februari 2020 mencapai US$13,94 miliar atau meningkat 2,2% ketimbang ekspor Januari 2020. Demikian juga ketimbang Februari 2019 meningkat 11%.     Kinerja ekspor Indonesia tersebut sangat ditopang peningkatan nilai ekspor pertanian. Pada Februari 2020, nilai ekspor pertanian naik sebesar 0,91% month of month (mom) dan 28,04% year on year (yoy) dari total US$0,30 miliar. Kenaikan terjadi karena produk pertanian, seperti biji kakao, sarang burung, tanaman obat, aromatik, dan subsektor rempah-rempah meningkat signifikan. Kenaikan ekspor pertanian tersebut terjadi saat sektor migas justru turun 0,02%.     Pada Januari lalu sector pertanian juga mengalami peningkatan ekspor tertinggi yoy jika dibandingkan dengan sektor lainnya yang cenderung turun. Sementara itu, pada sektor industri pengolahan yang sebagian bahan bakunya berasal dari pertanian juga mengalami peningkatan sebesar 3,16%.     Sektor pertanian meupakan sektor yang tangguh dalam membantu stabilitas ekonomi. Sektor pertanian memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi, baik dalam ekspor maupun meningkatkan pendapatan masyarakat. Kinerja ekspor pertanian selama dua bulan terakhir ini bisa menjadi bukti bahwa pertanian dapat menjadi penyelamat perekonomian Indonesia kala dunia dilanda covid-19.      Pangan merupakan kebutuhan utama yang tidak bisa tergantikan. Dengan kondisi pandemi covid-19 saat ini, kemampuan bangsa kita dalam produksi pangan sedang dipertaruhkan. Apalagi kemampuan suatu bangsa daram memproduksi pangan akan menjadi tolok ukur ketangguhan bangsa tersebut dalam menghadapi krisis. Disadur dari: https://mediaindonesia.com/read/detail/297556-menjagaketangguhan-pertanian-di-tengah-krisis, diunduh 21 Maret 2020 Tentukan fakta dalam kutipan artikel tersebut!

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut!


    Pandemi covid-19 diperkirakan akan berdampak pada melemahnya perekonomian dunia. Bahkan proyeksi banyak pihak, kondisi perekonomian global 2020 akan mengulangi krisis keuangan pada 2008. Dua belas tahun lalu, krisis keuangan global telah menyebabkan perlambatan ekonomi global secara signifikan. Merujuk data Bank Dunia saat ini, pertumbuhan ekonomi global ialah 1,851%.

    Di tengah kegelisahan banyak pihak terhadap perekonomian dunia pada umumnya dan Indonesia pada khususnya, BPS merilis data peningkatan ekspor. Pada data yang dirilis BPS, nilai ekspor Indonesia pada Februari 2020 mencapai US$13,94 miliar atau meningkat 2,2% ketimbang ekspor Januari 2020. Demikian juga ketimbang Februari 2019 meningkat 11%.

    Kinerja ekspor Indonesia tersebut sangat ditopang peningkatan nilai ekspor pertanian. Pada Februari 2020, nilai ekspor pertanian naik sebesar 0,91% month of month (mom) dan 28,04% year on year (yoy) dari total US$0,30 miliar. Kenaikan terjadi karena produk pertanian, seperti biji kakao, sarang burung, tanaman obat, aromatik, dan subsektor rempah-rempah meningkat signifikan. Kenaikan ekspor pertanian tersebut terjadi saat sektor migas justru turun 0,02%.

    Pada Januari lalu sector pertanian juga mengalami peningkatan ekspor tertinggi yoy jika dibandingkan dengan sektor lainnya yang cenderung turun. Sementara itu, pada sektor industri pengolahan yang sebagian bahan bakunya berasal dari pertanian juga mengalami peningkatan sebesar 3,16%.

    Sektor pertanian meupakan sektor yang tangguh dalam membantu stabilitas ekonomi. Sektor pertanian memberikan kontribusi besar bagi pembangunan ekonomi, baik dalam ekspor maupun meningkatkan pendapatan masyarakat. Kinerja ekspor pertanian selama dua bulan terakhir ini bisa menjadi bukti bahwa pertanian dapat menjadi penyelamat perekonomian Indonesia kala dunia dilanda covid-19.

     Pangan merupakan kebutuhan utama yang tidak bisa tergantikan. Dengan kondisi pandemi covid-19 saat ini, kemampuan bangsa kita dalam produksi pangan sedang dipertaruhkan. Apalagi kemampuan suatu bangsa daram memproduksi pangan akan menjadi tolok ukur ketangguhan bangsa tersebut dalam menghadapi krisis.

Disadur dari: https://mediaindonesia.com/read/detail/297556-menjagaketangguhan-pertanian-di-tengah-krisis, diunduh 21 Maret 2020


Tentukan fakta dalam kutipan artikel tersebut!undefined 

Pembahasan Soal:

"Merujuk data Bank Dunia saat ini, pertumbuhan ekonomi global ialah 1,851%."

"BPS merilis data peningkatan ekspor. Pada data yang dirilis BPS, nilai ekspor Indonesia pada Februari 2020 mencapai US$13,94 miliar atau meningkat 2,2% ketimbang ekspor Januari 2020."

"Pada Februari 2020, nilai ekspor pertanian naik sebesar 0,91% month of month (mom) dan 28,04% year on year (yoy) dari total US$0,30 miliar. Kenaikan terjadi karena produk pertanian, seperti biji kakao, sarang burung, tanaman obat, aromatik, dan subsektor rempah-rempah meningkat signifikan. Kenaikan ekspor pertanian tersebut terjadi saat sektor migas justru turun 0,02%."

Pada kutipan di atas merupakan kalimat fakta yang merupakan hasil riset oleh BPS

"Dua belas tahun lalu, krisis keuangan global telah menyebabkan perlambatan ekonomi global secara signifikan."

Pada kutipan di atas merupakan fakta karena peristiwa tersebut benar terjadi pada dua belas tahun lalu. 

 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved