Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut! Jadi, sebagai penerus kita harus menjadikan pendidikan yang akan datang lebih baik lagi. Tujuannya agar kecurangan yang sudah terjadi sekarang tidak terjadi pada anak didik yang akan datang. Cerpen ini juga memberikan cerminan bahwa pendidikan sangat penting bagi kehidupan anak-anak yang akan datang. Anak-anak jangan mudah menerima kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pihak sekolah karena kecurangan itu akan memengaruhi kehidupannya di masa depan. Kutipan di atas merupakan bagian dari sistematika kritik sastra, yaitu ....

Perhatikan kutipan berikut!
 

Jadi, sebagai penerus kita harus menjadikan pendidikan yang akan datang lebih baik lagi. Tujuannya agar kecurangan yang sudah terjadi sekarang tidak terjadi pada anak didik yang akan datang. Cerpen ini juga memberikan cerminan bahwa pendidikan sangat penting bagi kehidupan anak-anak yang akan datang. Anak-anak jangan mudah menerima kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh pihak sekolah karena kecurangan itu akan memengaruhi kehidupannya di masa depan.


Kutipan di atas merupakan bagian dari sistematika kritik sastra, yaitu ....

  1. pembukaan

  2. pernyataan pendapat

  3. argumentasi

  4. penegasan ulang

  5. landasan teori

Iklan

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.

jawaban yang tepat adalah D.

Iklan

Pembahasan

Sistematika penulisan kritik dan esai, yaitu: pernyataan pendapat, argumentasi, penegasan ulang. Kutipan di atas merupakan bagian dari sistematika kritik sastra, yaitu penegasan ulang. Hal tersebut karena penegasan ulang dalam kritik dapat berupa ringkasan atau pengulangan kembali tesis dalam kalimat atau penyampaian yang berbeda. Kutipan di atas merupakan sebuah penegasan atau pengulangan kembali atas tesis yang telah dibahas sebelumnya. Selain itu, kutipan di atas memuat kata jadi yang menandakan sebuah kesimpulan dari sebuah paragraf atau teks. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Sistematika penulisan kritik dan esai, yaitu:

  1. pernyataan pendapat,
  2. argumentasi,
  3. penegasan ulang.


Kutipan di atas merupakan bagian dari sistematika kritik sastra, yaitu penegasan ulang.  Hal tersebut karena penegasan ulang dalam kritik dapat berupa ringkasan atau pengulangan kembali tesis dalam kalimat atau penyampaian yang berbeda. Kutipan di atas merupakan sebuah penegasan atau pengulangan kembali atas tesis yang telah dibahas sebelumnya. Selain itu, kutipan di atas memuat kata jadi yang menandakan sebuah kesimpulan dari sebuah paragraf atau teks.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Bab

Mengenal Kritik Sastra dan Esai

Kebahasaan Kritik Sastra dan Esai

Menganalisis Kritik Sastra dan Esai

Menyusun Kritik Sastra dan Esai

43

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan berikut! Cerpen ”Air Mata Anakku” ini memberikan gambaran yang sangat positif bagi kita. Kita diharapkan sadar betul bahwa kualitas dunia pendidikan yang ada di negara ini begi...

36

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia