Perhatikan kutipan berikut!    Demi memenuhi kebutuhan kuliah, Chairul Tanjung berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan fotokopi di kampus. Chairul juga pernah mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat. Namun usahanya bangkrut. Selepas kuliah, Chairul mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga rekannya pada tahun 1987. Bermodal awal Rp 150 juta dari Bank Exim, mereka memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor. Keberuntungan berpihak padanya karena perusahaan tersebut langsung mendapat pesanan 160 ribu pasang sepatu dari Italia.    Kepiawaiannya membangun jaringan dan sebagai pengusaha, membuat bisnis Chairul Tanjung makin berkembang. Hal tersebut mengarahkan usahanya ke konglomerasi. Chairul mereposisikan dirinya ketiga bisnis inti: keuangan, properti, dan multimedia. Di bidang keuangan, ia mengambil alih Bank Karman yang kini bernama Bank Mega. Ia menamakan perusahaan tersebut dengan Para Group.   Kutipan di atas berisi tentang hal-hal menarik, kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh,  dan masalah yang dihadapi tokoh dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Dengan demikian, kutipan teks di atas merupakan bagian … dalam struktur biografi.

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut!

   Demi memenuhi kebutuhan kuliah, Chairul Tanjung berjualan buku kuliah stensilan, kaos, dan fotokopi di kampus. Chairul juga pernah mendirikan sebuah toko peralatan kedokteran dan laboratorium di daerah Senen, Jakarta Pusat. Namun usahanya bangkrut. Selepas kuliah, Chairul mendirikan PT Pariarti Shindutama bersama tiga rekannya pada tahun 1987. Bermodal awal Rp 150 juta dari Bank Exim, mereka memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor. Keberuntungan berpihak padanya karena perusahaan tersebut langsung mendapat pesanan 160 ribu pasang sepatu dari Italia.

   Kepiawaiannya membangun jaringan dan sebagai pengusaha, membuat bisnis Chairul Tanjung makin berkembang. Hal tersebut mengarahkan usahanya ke konglomerasi. Chairul mereposisikan dirinya ketiga bisnis inti: keuangan, properti, dan multimedia. Di bidang keuangan, ia mengambil alih Bank Karman yang kini bernama Bank Mega. Ia menamakan perusahaan tersebut dengan Para Group.

 

Kutipan di atas berisi tentang hal-hal menarik, kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh,  dan masalah yang dihadapi tokoh dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Dengan demikian, kutipan teks di atas merupakan bagian … dalam struktur biografi.

  1. orientasi

  2. klimaks

  3. kejadian penting

  4. reorientasi

  5. koda

A. Dwianto

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan di atas merupakan penjelasan dari bagian kejadian penting dalam struktur biografi. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Pada umumnya, terdapat tiga bagian dalam struktur sebuah teks biografi. Ketiga bagian tersebut, antara lain:

  • orientasi,
  • kejadian penting,
  • reorientasi.

Kutipan di atas berisi tentang hal-hal menarik, kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh,  dan masalah yang dihadapi tokoh dalam mencapai tujuan dan cita-citanya. Pernyataan pada soal merupakan bagian dari kejadian atau peristiwa penting. Bagian ini berisi segala peristiwa atau kejadian yang dialami tokoh yang disusun secara kronologis atau menurut urutan waktu. Hal-hal yang dipaparkan dalam bagian ini meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami tokoh, termasuk masalah yang dihadapinya dalam mencapai tujuan atau cita-citanya. Hal menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan yang dialami tokoh juga diuraikan dalam bagian peristiwa. Dengan demikian, pernyataan di atas merupakan penjelasan dari bagian kejadian penting dalam struktur biografi. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

371

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan biografi berikut!    Sebelum menjadi pengusaha sukses, DeJoria merupakan seorang gelandangan. Pada usia 19 tahun dia harus rela pergi dari rumah, mencari pekerjaan sana-sini. Ia me...

167

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia