Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan kutipan berikut!
 

    Cerita ini berkisah tentang cara Engtay berhasil meyakinkan kedua orangtuanya bahwa sekolah itu baik bagi dirinya. Ia pun pergi ke Betawi dan di sana ia bertemu Sampek di sebuah sekolah berasrama. Engtay ditempatkan dalam satu kamar dengan Sampek karena tidak seorang pun menyangka bahwa Engtay adalah perempuan. Maklum ia menyamar menjadi laki-laki. Di sanalah cinta Engtay tumbuh kepada Sampek.

    Kutipan buku drama yang tadi telah kita baca menceritakan situasi di dalam sebuah kelas. Di dalam kelas tersebut terdapat murid-murid dan guru. Tokoh Guru memarahi murid-muridnya karena tidak mengerti etiket saat buang air di WC sekolah. Murid-murid, kecuali tokoh Engtay, buang air kecil dengan berdiri sehingga mengotori dinding WC sekolah. Karena hanya tokoh Engtay yang mengerti etiket buang air, tokoh Engtay diminta membacakan isi kitab tentang etiket buang air supaya murid-murid lain mengerti etiket buang air di WC. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa kutipan naskah drama ini memiliki nilai pendidikan kesehatan.


Kutipan di atas merupakan sebuah ... terhadap buku drama berjudul Sampek dan Engtay.

  1. evaluasi

  2. revisi

  3. refleksi

  4. kesimpulan

  5. ringkasan

A. Rizkyamsi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

Pembahasan

Kutipan di atas merupakan sebuah refleksi terhadap buku drama berjudul Sampek dan Engtay. Dalam kaitannya dengan merefleksikan buku yang telah dibaca, kita dapat menuliskan kembali buku yang telah dibaca tersebut dengan bahasa sendiri. Bukan hanya itu saja, tetapi juga harus mengaitkan isi buku tersebut dengan nilai-nilai yang terkandung dalam buku. Baik yang sejalan maupun yang bertentangan dengan pandangan atau nilai-nilai dalam hidup kita.

Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.

8

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan teks berikut untuk soal nomor 9 dan 10!      Drama RT Nol RW Nol karya Iwan Simatupang menceritakan kehidupan yang sesungguhnya. Jika kita membaca dan memaknai arti dalam naskah ini, kita ...

10

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia