Roboguru

Perhatikan kedua teks cerpen berikut untuk menjawab soal! Teks 1 Perubahan yang sesungguhnya tidaklah ada. Rupa-rupanya hanya akulah yang berubah—aku sendiri. Dahulu semua ramah terhadap aku dan sebaliknya. Namun, kini aku tidak berani ramah terhadap mereka, takut kalau-kalau tergelincir petunjuk-petunjuk yang bisa menjejaki perbuatanku. Dan karena sikapku yang menarik diri, mereka pun tidak ramah lagi terhadap aku. Bahkan, pada kawan-kawan di luar kantor tak berani lagi aku banyak mulut. Mereka mengenal aku belaka, baik sebagai perseorangan maupun sebagai tenaga dan kemampuan. Korupsi, Pramoedya Ananta Toer Teks 2 Aku direktris suatu rantai usaha swadaya yang boleh dikatakan sukses. Semua karyawan di tempatku hormat kepadaku, berbicara nyaris kuanggap berlebihan, terlalu sopan bagiku. Di saat-saat mengunjungi perusahaan atau nikantor lain, orang-orang menerimaku dengan sikap dan pandang ering (segan) yang acapkali membuat aku merasa risih sendiri. Meskipun aku tahu pasti bahwa kelakuan mereka itu didasari pengakuan terhadap kenyataan yang tidak bisa dibantah. Karena selain disebabkan oleh kedudukanku, upayaku mengemban usaha kami ke lain daerah yang berhasil, lebih-lebih sebagai perempuan, aku mampu mengendalikan serta mempertahankan kesuksesan wiraswasta yang ditinggalkan ayahku. Walaupun benar itu "hanya" berupa warisan. Tapi, itu jatuh ke tanganku tidak secara otomatis, dengan cuma-cuma. Aku harus melewati tes di antara empat saudara kandungku. Ajaran Kehidupan Seorang Nenek, Nh. Dini Pernyataan yang tepat untuk kedua teks tersebut adalah . . .

Pertanyaan

Perhatikan kedua teks cerpen berikut untuk menjawab soal!


Teks 1


Perubahan yang sesungguhnya tidaklah ada. Rupa-rupanya hanya akulah yang berubah—aku sendiri. Dahulu semua ramah terhadap aku dan sebaliknya. Namun, kini aku tidak berani ramah terhadap mereka, takut kalau-kalau tergelincir petunjuk-petunjuk yang bisa menjejaki perbuatanku. Dan karena sikapku yang menarik diri, mereka pun tidak ramah lagi terhadap aku. Bahkan, pada kawan-kawan di luar kantor tak berani lagi aku banyak mulut. Mereka mengenal aku belaka, baik sebagai perseorangan maupun sebagai tenaga dan kemampuan.

Korupsi, Pramoedya Ananta Toer


Teks 2


Aku direktris suatu rantai usaha swadaya yang boleh dikatakan sukses. Semua karyawan di tempatku hormat kepadaku, berbicara nyaris kuanggap berlebihan, terlalu sopan bagiku. Di saat-saat mengunjungi perusahaan atau nikantor lain, orang-orang menerimaku dengan sikap dan pandang ering (segan) yang acapkali membuat aku merasa risih sendiri. Meskipun aku tahu pasti bahwa kelakuan mereka itu didasari pengakuan terhadap kenyataan yang tidak bisa dibantah. Karena selain disebabkan oleh kedudukanku, upayaku mengemban usaha kami ke lain daerah yang berhasil, lebih-lebih sebagai perempuan, aku mampu mengendalikan serta mempertahankan kesuksesan wiraswasta yang ditinggalkan ayahku. Walaupun benar itu "hanya" berupa warisan. Tapi, itu jatuh ke tanganku tidak secara otomatis, dengan cuma-cuma. Aku harus melewati tes di antara empat saudara kandungku.

Ajaran Kehidupan Seorang Nenek, Nh. Dini


Pernyataan yang tepat untuk kedua teks tersebut adalah . . .undefined

  1. Teks 1 mengangkat masalah yang dihadapi setiap hari.undefined

  2. Teks 1 mengangkat persoalan wanita modern.undefined

  3. Teks 2 mengangkat masalah yang dihadapi setiap hari.undefined

  4. Teks 2 mengangkat masalah emansipasi wanita.undefined

  5. Teks 1 mengangkat persoalan konflik keluarga.undefined

Pembahasan Soal:

Pernyataan yang tepat untuk kedua teks tersebut adalah teks 1 mengangkat masalah yang dihadapi setiap hari. Hal ini dapat dlihat dari keseluruhan isi cerita.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Februari 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved