Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks cerpen berikut!


Aku tak bisa diam, setengah tahun aku ditempatkan di sekolah ini pengelolaan BK aku ubah secara mendasar. Mulai administrasi, cara penanganan siswa, termasuk ruang konsultasi siswa. Namun, langkahku membuat lukman terusik, terutama dalam kasus Diah telah banyak menerima penderitaan, anakitu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.space  

Tema dalam cerpen tersebut adalah ....

Tema dalam cerpen tersebut adalah ....space  

  1. kehidupan seorang guru BK di sekolahspace  

  2. keinginan seorang guru BK untuk melaksanakan tuganya dengan baikspace  

  3. memerlukan penanganan khususspace  

  4. kesedihan seorang guru BK melihat kondisi siswanyaspace  

  5. seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi masalah siswanyaspace  

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan E.

jawaban yang tepat adalah pilihan E.space  

Iklan

Pembahasan

Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek. Cerpen memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerita. Cerpen memiliki unsur instrinsik sebagai berikut. Tema: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya). Tokoh: Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerita. Penokohan: Cara pengarang menampilkan tokoh dalam sehingga dapat diketahui karakter atau sifat para tokoh. Latar: Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan. Alur: Alur atau plot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian. Sudut pandang: Sudut pandang ( point of view ) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita. Amanat: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar. Gaya bahasa: Gaya bahasa atau majas, yaitu bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. Salah satu unsur instrinsik cerpen adalah tema. Untuk mengetahui tema dalam cerpen tersebut, kita harus membaca cerpen secara saksama. Pada cerpen tersebut terdapat kalimat: “Aku tak bisa diam, setengah tahun aku ditempatkan di sekolah ini pengelolaan BK aku ubah secara mendasar.” “Namun, langkahku membuat lukman terusik, terutama dalam kasus Diah telah banyak menerima penderitaan, anakitu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.” Berdasarkan kedua kalimat tersebut, kita dapat mengetahui cerpen bercerita tentang seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi masalah siswanya dengan mengubah pengelolaan BK dan memberikan bimbingan dan kasih sayang kepada siswanya. Salah satunya adalah Diah yang telah banyak menerima penderitaan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

Teks cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Cerpen memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur yang ada di dalam cerita. Cerpen memiliki unsur instrinsik sebagai berikut.

  • Tema: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, tema adalah pokok pikiran; dasar cerita (yang dipercakapkan, dipakai sebagai dasar mengarang, menggubah sajak, dan sebagainya).
  • Tokoh: Tokoh merupakan pelaku dalam sebuah cerita.
  • Penokohan: Cara pengarang menampilkan tokoh dalam sehingga dapat diketahui karakter atau sifat para tokoh.
  • Latar: Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
  • Alur: Alur atau plot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah rangkaian peristiwa yang direka dan dijalin dengan saksama dan menggerakkan jalan cerita melalui kerumitan ke arah klimaks dan penyelesaian.
  • Sudut pandang: Sudut pandang (point of view) adalah posisi pengarang dalam membawakan cerita.
  • Amanat: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah gagasan yang mendasari karya sastra; pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca atau pendengar.
  • Gaya bahasa: Gaya bahasa atau majas, yaitu bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. 

Salah satu unsur instrinsik cerpen adalah tema. Untuk mengetahui tema dalam cerpen tersebut, kita harus membaca cerpen secara saksama. Pada cerpen tersebut terdapat kalimat:

  • “Aku tak bisa diam, setengah tahun aku ditempatkan di sekolah ini pengelolaan BK aku ubah secara mendasar.”
  • “Namun, langkahku membuat lukman terusik, terutama dalam kasus Diah telah banyak menerima penderitaan, anakitu perlu bimbingan dan kasih sayang bukan penghakiman.”

Berdasarkan kedua kalimat tersebut, kita dapat mengetahui cerpen bercerita tentang seorang guru BK yang ingin membantu mengatasi masalah siswanya dengan mengubah pengelolaan BK dan memberikan bimbingan dan kasih sayang kepada siswanya. Salah satunya adalah Diah yang telah banyak menerima penderitaan.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan E.space  

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

28

Violet Stars

Makasih ❤️

MUHAMMAD RAMADHAN ALGIFARI

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tentukan ide pokok paragraf di atas!

96

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia