RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan kedua kutipan berikut! Teks 1     Buku Pemenang di Atas Pemenang karya Ahmad Saiful Islam membahas tentang cara seorang pemenang berpikir, cara seorang pemenang beraksi, dan cara seorang pemenang menyikapi keadaan di lingkungan sekitar. Buku ini sangat sesuai dengan kondisi sosial masyarakat saat ini. Masyarakat harus dapat mengubah mindset, tidak hanya orang kaya yang dapat berkuasa dan bebas membeli segalanya. Namun, masyarakat biasa, bahkan kalangan bawah juga dapat menjadi penguasa yang mempunyai tahta dan harta. Karena dengan tekad dan usaha, kita dapat mencapai apa yang kita inginkan.     Banyak hal-hal yang dapat dilakukan agar menjadi orang sukses. Namun, orang sukses belum tentu menjadi pemenang. Di Dunia ini ada banyak pemenang, tetapi masih banyak yang menjadi pemenang di atas para pemenang.  [...] Teks 2     Untuk bisa menulis cerpen apalagi bagi pemula jangan terlalu memusingkan apa itu tema, judul, perlukah membuat kerangka cerita dan sebagainya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis, yah tulis saja jangan terlalu memikirkan itu semua.  Dengan menulis jauh lebih bagus dari pada tidak menulis sama sekali karena memikirkan hal-hal tersebut. Menulis, nyata hasilnya berupa tulisan. Nah dari tulisan itu kita bisa belajar. Kalau belum bagus, menulis lagi yang lebih bagus, dengan giat berlatih pasti akan menghasilkan tulisan yang lebih bagus. Nantinya seiring dengan berjalannya waktu kita akan tahu apa yang dimaksud dengan tema, apakah sama tema dengan judul, bagaimana membuat kerangka cerita dan lain sebagainya.     Buku Pintar Menulis Cerpen dalam Sepekan ini mengajarkan kita, bagaimana bisa menghasilkan karya berupa cerpen hanya dalam kurung waktu tujuh hari. Di dalam buku ini juga membahas bahwa siapa pun bisa menjadi seorang penulis tidak tergantung akan bakat, usia, jenjang pendidikan maupun fasilitas hebat yang ada. Bakat memang penting tapi suatu bakat apabila tidak dilatih akan kalah oleh kemauan dan kerja keras. Persamaan yang terdapat pada kedua kutipan di atas adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan kedua kutipan berikut!


Teks 1

    Buku Pemenang di Atas Pemenang karya Ahmad Saiful Islam membahas tentang cara seorang pemenang berpikir, cara seorang pemenang beraksi, dan cara seorang pemenang menyikapi keadaan di lingkungan sekitar. Buku ini sangat sesuai dengan kondisi sosial masyarakat saat ini. Masyarakat harus dapat mengubah mindset, tidak hanya orang kaya yang dapat berkuasa dan bebas membeli segalanya. Namun, masyarakat biasa, bahkan kalangan bawah juga dapat menjadi penguasa yang mempunyai tahta dan harta. Karena dengan tekad dan usaha, kita dapat mencapai apa yang kita inginkan.

    Banyak hal-hal yang dapat dilakukan agar menjadi orang sukses. Namun, orang sukses belum tentu menjadi pemenang. Di Dunia ini ada banyak pemenang, tetapi masih banyak yang menjadi pemenang di atas para pemenang. 

[...]


Teks 2

    Untuk bisa menulis cerpen apalagi bagi pemula jangan terlalu memusingkan apa itu tema, judul, perlukah membuat kerangka cerita dan sebagainya. Hal pertama yang harus dilakukan adalah menulis, yah tulis saja jangan terlalu memikirkan itu semua.  Dengan menulis jauh lebih bagus dari pada tidak menulis sama sekali karena memikirkan hal-hal tersebut. Menulis, nyata hasilnya berupa tulisan. Nah dari tulisan itu kita bisa belajar. Kalau belum bagus, menulis lagi yang lebih bagus, dengan giat berlatih pasti akan menghasilkan tulisan yang lebih bagus. Nantinya seiring dengan berjalannya waktu kita akan tahu apa yang dimaksud dengan tema, apakah sama tema dengan judul, bagaimana membuat kerangka cerita dan lain sebagainya.

    Buku Pintar Menulis Cerpen dalam Sepekan ini mengajarkan kita, bagaimana bisa menghasilkan karya berupa cerpen hanya dalam kurung waktu tujuh hari. Di dalam buku ini juga membahas bahwa siapa pun bisa menjadi seorang penulis tidak tergantung akan bakat, usia, jenjang pendidikan maupun fasilitas hebat yang ada. Bakat memang penting tapi suatu bakat apabila tidak dilatih akan kalah oleh kemauan dan kerja keras.


Persamaan yang terdapat pada kedua kutipan di atas adalah ...

  1. Kedua teks tersebut membahas tentang buku fiksi.

  2. Kedua teks tersebut merupakan sinopsis dari buku nonfiksi.

  3. Kedua teks tersebut membahas tentang buku nonfiksi.

  4. Kedua teks tersebut merupakan refleksi dari buku nonfiksi.

  5. Kedua teks tersebut merupakan refleksi dari buku fiksi.

N. Fatimah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jawaban terverifikasi

Jawaban

persamaan kedua teks di atas terdapat pada pilihan jawaban C.

Pembahasan

Kedua teks di atas memiliki persamaan dan perbedaan. Persamaan dari kedua teks tersebut adalah keduanya membahas tentang buku nonfiksi. Sementara, perbedaan kedua teks tersebut adalah kutipan teks I merupakan refleksi dari buku nonfiksi, sedangkan kutipan teks II merupakan sinopsis dari buku nonfiksi.

Dengan demikian, persamaan kedua teks di atas terdapat pada pilihan jawaban C.

52

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan berikut!        Buku Pemenang di Atas Pemenang karya Ahmad Saiful Islam membahas tentang cara seorang pemenang berpikir, cara seorang pemenang beraksi, dan cara seorang pemenang me...

254

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia