Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut. Pada tahun 1966, Presiden Sukarno melalui TAP IX/MPRS/1966 secara tidak langsung menunjuk Jenderal Soeharto sebagai pengganti pengemban kekuasaan kepresidenan. Hal ini dilakukan setelah terjadi aksi-aksi protes dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa yang dipimpin Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). KAMI kemudian dibubarkan pada 25 Februari 1966. Dengan dibubarkannya KAMI, muncul Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI) yang melanjutkan tuntutannya kepada presiden terkait peristiwa Gerakan 30 September dan kondisi ekonomi. Pada tahun 1998, tepatnya 17 Mei, mahasiswa kembali melakukan aksi menduduki Gedung DPR/MPR agar tuntutannya kepada Presiden Soeharto untuk mundur dipenuhi. Massa mulai melakukan aksi setelah terjadi krisis ekonomi ditambah krisis pemerintahan pasca-Pemilu 1997. Sejarah dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda yang salah satunya didapat dengan mengunjungi Candi Borobudur. Candi tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia. . . .

Perhatikan informasi berikut.

Pada tahun 1966, Presiden Sukarno melalui TAP IX/MPRS/1966 secara tidak langsung menunjuk Jenderal Soeharto sebagai pengganti pengemban kekuasaan kepresidenan. Hal ini dilakukan setelah terjadi aksi-aksi protes dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa yang dipimpin Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia (KAMI). KAMI kemudian dibubarkan pada 25 Februari 1966. Dengan dibubarkannya KAMI, muncul Kesatuan Aksi Pemuda Pelajar Indonesia (KAPPI) yang melanjutkan tuntutannya kepada presiden terkait peristiwa Gerakan 30 September dan kondisi ekonomi. Pada tahun 1998, tepatnya 17 Mei, mahasiswa kembali melakukan aksi menduduki Gedung DPR/MPR agar tuntutannya kepada Presiden Soeharto untuk mundur dipenuhi. Massa mulai melakukan aksi setelah terjadi krisis ekonomi ditambah krisis pemerintahan pasca-Pemilu 1997.

Sejarah dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda yang salah satunya didapat dengan mengunjungi Candi Borobudur. Candi tersebut membuktikan bahwa masyarakat Indonesia. . . .

  1. A. memiliki pengetahuan yang tinggi berkat bantuan India

  2. B. mempunyai peradaban yang maju

  3. C. mempunyai jiwa seni yang tinggi

  4. D. menganut ajaran Hindu-Buddha


  5. E. mendapat pengaruh Mesir

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Jawaban: B Sejarah memiliki manfaat inspiratif bagi generasi muda. Manfaat inspiratif ini salah satunya untuk menaikkan moral generasi muda terus maju. Manfaat inspiratif ini dapat muncul ketika kita mengunjungi peninggalan-peninggalan bersejarah seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Situs Gunung Padang. Melihat peninggalan ini membuat kita sadar bahwa masyarakat Indonesia pada zaman dahulu mempunyai peradaban yang sangat maju.

Jawaban: B

Sejarah memiliki manfaat inspiratif bagi generasi muda. Manfaat inspiratif ini salah satunya untuk menaikkan moral generasi muda terus maju. Manfaat inspiratif ini dapat muncul ketika kita mengunjungi peninggalan-peninggalan bersejarah seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Situs Gunung Padang. Melihat peninggalan ini membuat kita sadar bahwa masyarakat Indonesia pada zaman dahulu mempunyai peradaban yang sangat maju.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Nilai dan makna sejarah yang berharga terletak pada kenyataan, bahwa sejarah mengajarkan kepada kita ...

11

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia