Roboguru

Pertanyaan

Perhatikan informasi berikut ini!

  1. SEATO
  2. SAARC
  3. CENTO
  4. ANZUS
  5. NATO

Yang merupakan organisasi regional yang bergerak dibidang militer/ pertahanan ditunjukkan oleh nomor ....

  1. 3, 4, dan 5

  2. 1, 2, dan 3

  3. 1, 2, dan 5

  4. 1, 2, dan 4

  5. 2, 3, dan 4

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

Pembahasan

Organisasi regional yang bergerak dibidang militer, antara lain:

  1. SEATO (Pakta Pertahanan Asia Tenggara) ditandatangani di Manila, Filipina, 8 September 1954. Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Anggota SEATO: Australia, Perancis, Selandia Baru, Pakistan, Philipina, Thailand, Inggris, dan Amerika Serikat.
  2. CENTO (Pakta Organisasi Timur Tengah atau METO) merupakan suatu persetujuan yang ditandatangani pada Februari 1955 antara Turki dan Irak. CENTO terbuka bagi tiap negara anggota dari Liga Arab atau negara mana pun yang ada hubungannya dengan keamanan dan perdamaian di Timur Tengah dan yang sepenuhnya diakui oleh keduabelah. 
  3. ANZUS, terbentuk atas inisiatif Menteri Luar Negeri Australia, Percy C. Spender. Pakta keamanan ini sebagai usaha untuk membuat kondisi politik yang stabil di kawasan Asia-Pasifik. 
  4. NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) merupakan sebuah organisasi internasional untuk keamanan bersama yang didirikan berdasarkan Persetujuan Atlantik Utara. NATO ditandatangani di Washington, DC pada 4 April 1949. Bermarkas di Paris, Perancis dan dilatarbelakangi oleh keinginan mempertahankan dominasi Amerika Serikat dan sekutunya terhadap Uni Soviet.

Sedangkan, organisasi regional yang bergerak dibidang ekonomi, salah satunya:

SAARC (South Asian Association for Regional Cooperation) adalah Asosiasi Negara-negara di Asia Selatan, yang dicetuskan oleh Presiden Bangladesh, Ziaur Rahman pada tanggal 8 Desember 1985. Anggota SAARC terdiri dari: Bangladesh, Afganistan, Bhutan, India, Maladewa, 
Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. Latar belakang pembentukan SAARC adalah negara-negara di Kawasan Asia Selatan memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang melimpah, namun tidak dikelola secara baik yang mengakibatkan banyak kasus konflik horizontal yang bersifat ekonomi, politik, sosial, dan budaya di tiap-tiap negara tersebut.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

1rb+

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Berikut yang tidak berbentuk organisasi militer yaitu ....

732

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia