RoboguruRoboguru
SD

Perhatikan ilustrasi berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7! Suatu sore, Wahyudi menemani Ayahnya pergi ke sawah. Ia memang senang membantu ayahnya memetik berbagai jenis sayuran yang ditanam di petak-petak pematang sawah kebanggaan keluarganya. Sore itu, matahari memancarkan sinarnya yang berwarna jingga. “Sinarnya tenang dan mengagumkan,” begitu pikir Wahyudi. Karena melihat keindahan langit sore itu, ia tiba-tiba ingin menyusun puisi. Kata-kata yang dapat dipilih Wahyudi untuk menyusun puisi sesuai ilustrasi di atas adalah ….

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!
Suatu sore, Wahyudi menemani Ayahnya pergi ke sawah. Ia memang senang membantu ayahnya memetik berbagai jenis sayuran yang ditanam di petak-petak pematang sawah kebanggaan keluarganya. Sore itu, matahari memancarkan sinarnya yang berwarna jingga. “Sinarnya tenang dan mengagumkan,” begitu pikir Wahyudi. Karena melihat keindahan langit sore itu, ia tiba-tiba ingin menyusun puisi.

Kata-kata yang dapat dipilih Wahyudi untuk menyusun puisi sesuai ilustrasi di atas adalah ….

  1. sore, malam, langit, mentari, mendung

  2. langit, temaram, berawan, hilang, matahari

  3. indah, langit, mentari, sore, jingga, temaram

  4. warna-warni, langit, pelangi, sore hari

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Untuk menyusun sebuah puisi, kita perlu menyiapkan gagasan dan memilih gagasan yang menarik. Berdasarkan ilustrasi di atas, Wahyudi ingin membuat puisi karena melihat keindahan langit di sore hari. Jadi, dapat disimpulkan bahwa gagasan yang dipilih Wahyudi untuk membuat puisi adalah keindahan langit sore.
Setelah memilih gagasan, kita perlu memilih kata-kata yang tepat untuk menggambarkan gagasan. Kata-kata yang tepat untuk menggambarkan keindahan langit sore antara lain indah, langit, mentari (matahari), sore, jingga (dalam kutipan disebutkan matahari memancarkan sinar berwarna jingga), dan temaram (cahaya pada langit sore hari biasanya temaram atau remang-remang). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

81

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan gagasan puisi berikut! Gagasan: rindu kepada ibu yang telah wafat     Bait puisi yang dapat disusun berdasarkan gagasan di atas adalah ...

19

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia