Perhatikan ilustrasi berikut: llustrasi tersebut menggambarkan contoh kuesioner dengan pertanyaan jenis ....

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut:

llustrasi tersebut menggambarkan contoh kuesioner dengan pertanyaan jenis ....space space 

  1. terbukaspace space 

  2. tertutupspace space 

  3. semiterbukaspace space 

  4. kombinasi terbuka dan tertutupspace space 

  5. tidak terstrukturspace space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah D.space space 

Pembahasan

Pengumpulan ·data adalah aktivitas mencari data di lapangan untuk menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan sebelumnya dan dalam rangka mencapai tujuan penelitian. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain adalah melalui angket, wawancara, observasi, studi dokumentasi, studi kepustakaan, dan lain sebagainya.

Angket adalah sebuah instrumen yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan sejumlah daftar pertanyaan kepada responden untuk dijawab, kemudian dikembalikan kepada peneliti. Dari jawaban responden tersebut, peneliti memperoleh data, seperti pendapat dan sikap responden terhadap masalah yang sedang diteliti.

Dalam sebuah angket, pertanyaan dapat dibedakan menjadi empat:

  1. Angket dengan pertanyaan tertutup. Dalam angket ini, jawaban sudah disediakan dan responden dapat memilih jawaban sesuai pertanyaan yang dimaksud, seperti jawaban "Ya" atau "Tidak". Jawaban dapat pula berupa sejumlah alternatif jawaban (pilihan ganda).
  2. Angket dengan pertanyaan terbuka. Dalam angket ini, responden diberi kebebasan untuk menjawab pertanyaan dengan kalimat sendiri.
  3. Angket dengan pertanyaan semiterbuka. Dalam angket ini, responden menjawab pertanyaan dengan jawaban yang telah tersedia. Namun, responden masih diberikan kebebasan untuk memberikan jawaban alternatif apabila jawaban yang tersedia tidak atau kurang sesuai.
  4. Angket dengan pertanyaan kombinasi terbuka dan tertutup. Di sini responden menjawab pertanyaan dengan jawaban yang telah disediakan, kemudian disusul dengan pertanyaan terbuka.

Dari ilustrasi yang terdapat pada pertanyaan, maka dapat ditentukan bahwa jenis angket/kuesioner yang digunakan adalah angket dengan pertanyaan kombinasi terbuka dan tertutup. Karena dalam angket tersebut, peneliti sudah menyediakan jawaban Ya/Tidak, yang merupakan jenis pertanyaan tertutup. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan terbuka, yang memberikan kesempatan pada responden untuk menuliskan pendapat masing-masing. Sehingga pada angket tersebut terdapat campuran atau kombinasi antara angket terbuka dan tertutup.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space space 

93

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Tuliskan kelebihan dan kelemahan angket kombinasi pertanyaan tertutup dan terbuka ....

2rb+

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia