Roboguru

Perhatikan ilustrasi berikut! Beberapa potensi keragaman hayati kelautan mengalami degradasi. Sebagai contoh degradasi terumbu karang di Indonesia meningkat dari 10%  menjadi 50% dalam 10 tahun terakhir dan kerusakan mangrove mencapai 50%. Kondisi ini terjadi sebagai dampak penangkapan ikan berlebih (overfishing) dan penangkapan ikan ilegal. Dampak fenomena di atas bagi perekonomian adalah ...

Pertanyaan

Perhatikan ilustrasi berikut!

Beberapa potensi keragaman hayati kelautan mengalami degradasi. Sebagai contoh degradasi terumbu karang di Indonesia meningkat dari 10%  menjadi 50% dalam 10 tahun terakhir dan kerusakan mangrove mencapai 50%. Kondisi ini terjadi sebagai dampak penangkapan ikan berlebih (overfishing) dan penangkapan ikan ilegal.

Dampak fenomena di atas bagi perekonomian adalah ...undefined 

  1. pantai terancam abrasiundefined 

  2. merosotnya kualitas kawasan pantaiundefined

  3. produksi perikanan terancam merosotundefined 

  4. ekosistem pantai tidak seimbangundefined 

  5. persebaran biota laut tidak merataundefined 

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan wilayah perairan laut sangat luas sehingga berpotensi memiliki ancaman bagi wilayahnya. Tindakan penangkapan ikan secara ilegal dan berlebihan (illegal fishing dan overfishing) merupakan salah satu ancaman bagi laut Indonesia. Jika potensi sumber daya laut dieksploitasi secara terus-menerus, banyak biota laut bisa rusak hingga mati. Selain itu, kegiatan illegal fishing dan overfishing bisa berdampak bagi keamanan dan perekonomian Indonesia.

Tindakan illegal fishing bisa merugikan para nelayan lokal karena jumlah tangkapan ikan dan pendapatan dari hasil melautnya menjadi lebih sedikit. Hal ini disebabkan banyak ikannya telah diambil oleh para pelaku illegal fishing. Tindakan illegal fishing juga sangat memengaruhi perekonomian Negara Indonesia. Banyaknya hasil laut yang dicuri dan dieksploitasi secara berlebih mengakibatkan penurunan stok ikan di laut sehingga produksi perikanan terancam merosot.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved