Roboguru

Perhatikan deskripsi berikut!      Dudi tinggal di dekat muara sungai. Daerah tersebut termasuk pantai landai yang kebersihan lingkungannya terjaga. Ia mengkhawatirkan suatu saat terjadi gelombang pasang. Ia pernah memperoleh informasi ada sebuah metode alami mencegah abrasi pantai. Menanam pohon bakau merupakan salah satu upayanya. Dudi ingin mengetahui mekanisme pohon bakau dapat mencegah abrasi. Informasi yang akan menjawab rasa ingin tahu Dudi adalah ....

Pertanyaan

Perhatikan deskripsi berikut! 

    Dudi tinggal di dekat muara sungai. Daerah tersebut termasuk pantai landai yang kebersihan lingkungannya terjaga. Ia mengkhawatirkan suatu saat terjadi gelombang pasang. Ia pernah memperoleh informasi ada sebuah metode alami mencegah abrasi pantai. Menanam pohon bakau merupakan salah satu upayanya. Dudi ingin mengetahui mekanisme pohon bakau dapat mencegah abrasi.

Informasi yang akan menjawab rasa ingin tahu Dudi adalah ....undefined 

  1. hutan mangrove dapat menurunkan kadar garamundefined 

  2. akar pohon bakau dapat memecah gelombangundefined 

  3. hasil fotosintesis menambah oksigen air lautundefined 

  4. ikan-ikan di air payau menahan air pasangundefined 

  5. hutan mangrove menstabilkan arah anginundefined 

Pembahasan Soal:

Ketika daratan terlalu sering mengalami gesekan atau dihantam oleh gelombang laut, hal ini bisa menyebabkan daratan menjadi terkikis dan menyempit sehingga luas daratan berkurang dan air laut mudah naik ke permukaan. Proses pengikisan daratan karena faktor gelombang air laut ini disebut dengan abrasi.

Salah satu metode alami yang digunakan untuk mencegah abrasi pantai adalah dengan menanam pohon bakau. Hal ini disebabkan oleh adanya akar dari pohon bakau yang kuat dan memiliki kemampuan yang baik untuk mereduksi atau memecah gelombang air laut. Dengan adanya akar bakau tersebut, maka gelombang laut tidak langsung menghantam daratan.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat pada soal ini adalah B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved