Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan gambarpembentukan sel kelamin berikut ! Tahapan yang menjelaskan pembentukan oosit primer ditunjukkan bagian nomor ...

Perhatikan gambarpembentukan sel kelamin berikut !

Tahapan yang menjelaskan pembentukan oosit primer ditunjukkan bagian nomor ...

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hasil Oogenesis adalah satu buah ovum (sel fungsional) dan tiga badan polar (tidak fungsional).

hasil Oogenesis adalah satu buah ovum (sel fungsional) dan tiga badan polar (tidak fungsional).

Iklan

Pembahasan

Gambar tersebut menjelaskan tentang proses oogenesis. Oogenesis adalah proses pembentukan ovum yang terjadi di dalam ovarium. Proses tersebut terjadi sejak janin berkembang di dalam kandungan, tetapi perkembangan akhir setiap ovum dicapai pada masa pubertas. Tahapan oogenesis dimulai dengan sel-sel epitel germinal bermitosis dan membentuk oogonium (1), kemudian bermigrasi ke dalam jaringan ikat ovarium dan tumbuh serta membesar membentuk oosit primer (2), Selanjutnya, oosit primer mengalami pembelahan meiosis I dan membentuk oosit sekunder (3) dan badan polar I. Oosit sekunder selanjutnya mengalami pembelahan meiosis II (4) dan menghasilkan ovum (5) dan badan polar II. Badan polar I akan membelah menjadi dua polosit. Badan polar II dan polosit akan mengalami degenerasi. Jadi hasil Oogenesis adalah satu buah ovum (sel fungsional) dan tiga badan polar (tidak fungsional).

Gambar tersebut menjelaskan tentang proses oogenesis. Oogenesis adalah proses pembentukan ovum yang terjadi di dalam ovarium. Proses tersebut terjadi sejak janin berkembang di dalam kandungan, tetapi perkembangan akhir setiap ovum dicapai pada masa pubertas. Tahapan oogenesis dimulai dengan sel-sel epitel germinal bermitosis dan membentuk oogonium  (1), kemudian bermigrasi ke dalam jaringan ikat ovarium dan tumbuh serta membesar membentuk oosit primer (2), Selanjutnya, oosit primer mengalami pembelahan meiosis I dan membentuk oosit sekunder (3) dan badan polar I. Oosit sekunder selanjutnya mengalami pembelahan meiosis II (4) dan menghasilkan ovum (5) dan badan polar II. Badan polar I akan membelah menjadi dua polosit. Badan polar II dan polosit akan mengalami degenerasi. Jadi hasil Oogenesis adalah satu buah ovum (sel fungsional) dan tiga badan polar (tidak fungsional).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

21

Christian

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan skema oogenesis! Bagian X adalah ....

15

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia