Perhatikan gambar peristiwa berikut! Kulit merupakan salah satu organ ekskresi yang berfungsi mengeluarkan keringat. Berdasarkan gambar ilustrasi tersebut. Analisislah faktor apa saja yang memengaruhi proses pengeluaran keringat!

Pertanyaan

Perhatikan gambar peristiwa berikut!

Kulit merupakan salah satu organ ekskresi yang berfungsi mengeluarkan keringat. Berdasarkan gambar ilustrasi tersebut. Analisislah faktor apa saja yang memengaruhi proses pengeluaran keringat! 

  1. .... 

  2. .... 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Kulit merupakan salah satu organ ekskresi yang berfungsi mengeluarkan keringat. Berdasarkan gambar pada soal, merupakan kegiatan-kegiatan yang dapat memengaruhi proses pengeluaran keringat. Ada beberapa faktor yang memengarui produksi keringat, diantaranya sebagai berikut.

  1. Suhu lingkungan sekitar, kelenjar keringat terdiri dari kelenjer ekrin yang mengeluarkan keringat akibat peningkatan suhu dalam tubuh maupun lingkungannya. Ketika berjemur di tengah terik sinar matahari orang akan banyak mengeluarkan keringat dan merasa haus.
  2. Jenis aktivitas, pekerja berat dan olahragawan lebih cenderung banyak mengeluarkan keringat. Sebab, aktivitas seperti ini akan meningkatkan suhu dalam tubuh seseorang sehingga tubuh perlu menyerap kalor dan mengeluarkannya melalui pori-pori kulit.
  3. Gejolak emosi, orang yang sedang mengalami gejolak emosi sering mengeluarkan keringat yang banyak. Misalnya saat mengalami perasaan gembira yang berlebihan (euforia). Kegembiraan berlebihan ini akan memacu kelenjer keringat untuk memproduksi keringat yang banyak.
  4. Hipotalamus, aktivitas hipotalamus akan menentukan banyak sedikitnya pengeluaran keringat. Hipotalamus sebagai pengendali fungsi tubuh sangat peka terhadap suhu sehingga dapat merangsang pembentukan keringat pada kelenjar keringat.
  5. Efek samping obat, terdapat beberapa jenis obat yang dapat membuat tubuh menjadi lebih baik, terdapat juga beberapa jenis obat yang dapat memberikan efek samping. Salah satu efek samping tersebut adalah tubuh menjadi berkeringat. 

4rb+

5.0 (8 rating)

Pertanyaan serupa

Mengapa bila kita berada pada tempat yang panas, tubuh mengeluarkan banyak keringat, sedangkan ketika berada pada tempat dengan suhu dingin tidak berkeringat tetapi lebih banyak buang air kecil?

558

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia