Benarkah kita harus minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya? Kaitkan jawaban anda dengan proses pembentukan urine dalam tubuh!

Pertanyaan

Benarkah kita harus minum air putih sebanyak delapan gelas setiap harinya? Kaitkan jawaban anda dengan proses pembentukan urine dalam tubuh!undefined 

D. Enty

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Benar, namun disesuaikan dengan kebutuhan cairan tubuh masing-masing tiap individu. Misalnya, tergantung kebutuhan tubuh, aktivitas fisik, indeks massa tubuh, usia, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan atau penyakit yang diidap. Dengan kata lain, minum air secukupnya bukan berarti harus minum air sesuai anjuran, delapan gelas atau dua liter perhari. Sebab kebutuhan cairan tubuh harus seimbang antara cairan yang masuk dengan cairan yang keluar. Umumnya, tubuh seseorang akan mengeluarkan cairan sekitar 2.500 cc atau setara 8-10 gelas perhari. Cairan itu bisa dikeluarkan melalui urin, napas, keringat, dan proses sisa metabolisme lainnya (ekskresi). Cairan tidak hanya berasal dari minuman saja. Bisa juga dari makanan seperti sayuran atau buah-buahan. Jika dikaitkan dengan dengan proses pembentukan urine terdapat faktor yang mempengaruhi produksi urine salah satunya ada hormon ADH. Hormon ini berfungsi untuk mengatur keseimbangan cairan dan garam di dalam tubuh. Jika kita banyak minum banyak cairan maka osmolaritas darah menurun, sekresi ADH menurun, reabsorbsi air sedikit dan jumlah urine menjadi banyak. Produksi urine juga dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Jika suhu lingkungan panas, tubuh banyak mengeluarkan keringat, osmolaritas darah meningkat, reansorbsi air banyak dan jumlah urine menjadi sedikit. Nah oleh sebab itu, minum air 8 gelas per hari sangat penting namun tetap disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

359

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Mekanisme pengaturan air atau osmoregulasi yang tepat ketika seseorang terlalu banyak mengkonsumsi air putih adalah….

64

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia